Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Dengusan Kuda adalah Tanda Mereka Bahagia

Kompas.com - 14/07/2018, 19:06 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain anjing dan kucing, mungkin kuda adalah hewan berikutnya yang memiliki kedekatan dengan manusia.

Namun, manusia sering kali tidak bisa mengerti perasaan hewan ini. Apakah kuda tersebut sedang senang, sedih atau marah? Lalu, mengapa ia mendengus?

Menurut Mathilde Stomp dari Universite de Rennes di Perancis, dengusan adalah indikator emosi positif dari kuda.

Sampai saat ini, dengusan dianggap sebagai cara bagi kuda untuk membersihkan debu dari hidung mereka atau mengusir serangga. Secara teknis, dengusan adalah sinyal non-vokal yang dihasilkan dari ekspirasi udara melalui lubang hidung.

Baca juga: Banjir di Jepang Bikin Kuda Poni Ini Berenang Hingga ke Atap Rumah

Namun lebih dari itu, menurut Stomp, dengusan memiliki kaitan yang erat dengan suasana dan kondisi positif pada kuda.

Stomp melakukan penelitian dengan mengevaluasi hasil dengusan dari 48 kuda yang hidupnya dikekang dengan kuda yang dilepas bebas (kuda yang selalu berada di padang rumput).

Secara keseluruhan selama tes, kuda-kuda ini mendengus 560 kali, mulai dari satu kuda yang mendengus rata-rata 0,75 kali per jam hingga kuda yang mendengus 12,8 kali per jam.

Hasilnya menunjukkan bahwa kuda yang dilepas di padang rumput menghasilkan dengusan lebih banyak ketimbang kuda yang dikandangkan. Bahkan perbedaan ini bisa mencapai dua kali lipat.

Baca juga: 3000 Tahun Lalu Perawatan Gigi Kuda Sudah Dilakukan, Ini Buktinya

Lebih spesifik, Stomp menemukan bahwa kuda mendengus paling banyak ketika mereka makan, atau ketika mengeksplorasi tempat. Selain itu, tidak ada kuda yang mendengus ketika bersikap agresif terhadap manusia.

Hal ini menunjukkan bahwa produksi dengusan secara signifikan memiliki kaitan yang erat dengan situasi dan keadaan internal hewan yang positif, sama halnya seperti gestur tubuh.

Kuda sangat jarang menunjukkan tanda kebahagian yang berbeda-beda. Hasil ini menyajikan pedoman penting bahwa ketika dengusan muncul, itu adalah indikasi emosi positif yang dapat membantu mengenali situasi seperti apa yang disenangi oleh kuda,” ujar Stomp.

Ilmuwan mengatakan bahwa temuan mereka dapat membantu dalam peningkatan kesejahteraan hewan dengan memudahkan pemilik untuk memilih situasi ketika kuda merasa bahagia melalui dengusannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com