Pantai Tercemar Alkohol dari Pabrik Miras, Puluhan Burung Camar Mabuk - Kompas.com

Pantai Tercemar Alkohol dari Pabrik Miras, Puluhan Burung Camar Mabuk

Kompas.com - 09/07/2018, 13:31 WIB
Burung camar laut di Inggris yang terkontaminasi alkohol Burung camar laut di Inggris yang terkontaminasi alkohol

KOMPAS.com - Para ahli dibuat terkejut dengan adanya laporan tentang puluhan burung camar laut tidak dapat terbang dan berperilaku seperti orang mabuk di Inggris.

Aktivis dari The Royal Society for Prevention of Cruelty to Animals (RSCPA) yang bermarkas di Inggris dan Wales, mengatakan, burung-burung tersebut mengalami keracunan limbah alkohol dari pabrik minuman keras lokal.

Mereka mencurigai, burung camar tersebut minum alkohol sisa yang dibuang di pantai lokal.

Dokter hewan dari RSPCA, David Couper, mengatakan, kondisi puluhan burung yang diselamatkan itu kondisinya memprihatinkan.

"Burung-burung tersebut tampak kebingungan dan sulit untuk berdiri tegak. Sejumlah video yang kami ambil menunjukkan kondisi salah satu burung yang mirip dengan perilaku seperti orang sedang mabuk berat," katanya.

Couper mengatakan, sebagian besar burung camar tersebut ditemukan di wilayah Devon dan wilayah Dorset di Inggris, dilansir dari UPI, Jumat (6/7/2018).

Sementara itu, enam petugas pemadam kebakaran mencoba menyelamatkan seekor burung camar yang panik dan terjatuh dari atap.

Saat hendak ditangkap, burung tersebut justru mencoba lari dan nyaris menabrak salah satu wajah petugas.

Setelah berhasil ditangkap, burung camar tersebut muntah yang disertai bau bir menyengat. 

Baca Juga: Burung Jantan Ini Ciptakan "Parfum" Pemikat Sebelum Kawin

Dalam sebuah penelitian tahun 2015, perilaku burung yang mabuk ternyata memiliki kemiripan dengan manusia. Misalnya, kicauannya tampak tenang tetapi perilakunya akan kacau.

Selain itu, para aktivis mengatakan bahwa burung-burung itu telah minum alkohol lebih banyak dari manusia. Bahkan, jumlah tersebut dianggap sudah berbahaya bagi manusia.

Ditambah lagi, burung-burung tersebut ternyata tidak ingin berhenti untuk minum alkohol kecuali ada yang bisa diminum.

Menariknya, burung-burung yang mabuk itu lebih bisa mengontrol diri daripada manusia saat terpengaruh alkohol, dikutip dari Techtimes, Sabtu (7/7/2018).

Meski begitu, RSPCA mendesak pabrik dan produsen alkohol untuk tidak membuang limbah alkohol ke lokasi yang jauh dari jangkauan hewan liar.

"Burung-burung ini jelas terpapar minuman keras saat mencari makan dan membuat mereka tersiksa karena pengaruh alkohol," kata Clara Scully, relawan dari RSPCA. Saat ini, pengalangan dana untuk menyelamatkan burung camar laut di Inggris terus digalakkan. 

Video kondisi salah satu burung camar laut dapat dilihat dalam video ini.


Komentar
Close Ads X