Kompas.com - 29/06/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak pekerjaan rumah yang harus dipecahkan sebelum manusia pada akhirnya tinggal di luar planet ini. Mulai dari bagaimana kita bernapas, mendapatkan makanan dan air, hingga berkoloni atau berpasangan di luar angkasa.

Kini, satu persoalan kembali dilontarkan oleh para ilmuwan. Artikel yang dipublikasikan di British Journal of Surgery mengungkapkan pertanyaan bagaimana dan apa yang harus dilakukan ketika para astronot mengalami kecelakan.

"Astronot di masa depan atau kolonis pasti akan menghadapi berbagai patologi selama perjalanan jarak jauh mereka. Patologi bisa muncul karena gravitasi nol yang berkepanjangan, paparan radiasi kosmik dan juga trauma," papar para ilmuwan dalam makalah yang mereka terbitkan pada Selasa (19/6/2018).

Jika itu terjadi, manusia mungkin tidak siap menghadapinya. Sebab, banyak ruang yang dapat melukai seorang astronot, tetapi tidak banyak cara untuk mengatasi bahaya tersebut.