Kompas.com - 29/06/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak pekerjaan rumah yang harus dipecahkan sebelum manusia pada akhirnya tinggal di luar planet ini. Mulai dari bagaimana kita bernapas, mendapatkan makanan dan air, hingga berkoloni atau berpasangan di luar angkasa.

Kini, satu persoalan kembali dilontarkan oleh para ilmuwan. Artikel yang dipublikasikan di British Journal of Surgery mengungkapkan pertanyaan bagaimana dan apa yang harus dilakukan ketika para astronot mengalami kecelakan.

"Astronot di masa depan atau kolonis pasti akan menghadapi berbagai patologi selama perjalanan jarak jauh mereka. Patologi bisa muncul karena gravitasi nol yang berkepanjangan, paparan radiasi kosmik dan juga trauma," papar para ilmuwan dalam makalah yang mereka terbitkan pada Selasa (19/6/2018).

Jika itu terjadi, manusia mungkin tidak siap menghadapinya. Sebab, banyak ruang yang dapat melukai seorang astronot, tetapi tidak banyak cara untuk mengatasi bahaya tersebut.

Baca juga: Astronot NASA Ungkap Kengerian Toilet di Stasiun Luar Angkasa

Saat ini, metode yang digunakan untuk mengatasi keadaan medis darurat yang terjadi di Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah mengembalikan astronot ke Bumi sesegera mungkin.

Namun, bayangkan saja jika kondisi tersebut terjadi saat sedang melakukan perjalanan ke Mars yang membutuhkan waktu sekitar 9 bulan. Mengirim kembali astronot ke Bumi tidak akan menjadi pilihan.

"Jarak antara Bumi dan Mars adalah 78.200.000 kilometer yang berarti penundaan komunikasi sinyal radio sekitar 4 hingga 22 menit," tulis para ilmuwan.

Operasi di luar angkasa

Komandan Chris Hadfield dari Canadian Space Agency menjalani tes tekanan darah di luar angkasaNASA/ Chris Cassidy Komandan Chris Hadfield dari Canadian Space Agency menjalani tes tekanan darah di luar angkasa

Jika operasi di luar angkasa diperlukan, maka harus dilakukan secara langsung oleh manusia yang sangat terampil. Namun, bukan berarti kemudian masalah terselesaikan. Sebab, opsi ini juga menimbulkan masalah tersendiri.

Ruang penyimpanan pada pesawat luar angkasa yang ada tidak memungkinkan membawa peralatan medis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.