Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Hindari Manusia, Banyak Hewan Memilih Beraktivitas di Malam Hari

Kompas.com - 24/06/2018, 12:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Berbagai macam studi telah menunjukkan bagaimana perilaku manusia menganggu kelangsungan hidup hewan-hewan liar. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bagaimana perilaku kita turut mengubah perilaku hewan.

Demi menghindari manusia, banyak hewan memilih untuk beraktivitas di malam hari (nokturnal).

Studi ini dilakukan oleh para pakar lingkungan di UC Berkeley dan Boise State University. Mereka melakukan meta analisis terhadap 76 studi yang meliputi 62 spesies mamalia dari enam benua. 71 studi di antaranya dilakukan pada abad ini.

Rupanya, nokturnalitas mamalia, baik itu mamalia kecil seperti tupai maupun mamalia besar seperti gajah afrika, meningkat pada area atau periode yang sering diganggu oleh aktivitas manusia. Bahkan peningkatan aktivitas mamalia di malam hari ini mencapai 68 persen.

Aktivitas manusia yang dimaksud tidak hanya perburuan liar atau deforestasi, melainkan juga pendakian gunung dan pertanian.

Baca juga: Sekitar 7.000 Harimau Dijadikan Hewan Peliharaan di AS, Ini Dampaknya

Para peneliti juga tidak tahu apakah ini kabar baik atau buruk.

Perubahan perilaku hewan menjadi nokturnal mungkin akan memperkecil konflik dengan manusia. Namun, apakah spesies-spesies ini akan bisa bertahan hidup secara nokturnal masih menjadi pertanyaan. Perubahan ini juga bisa mengubah seluruh ekosistem dan berdampak pada dinamika predator dan mangsa.

Pada akhirnya, para peneliti berharap agar pengetahuan baru ini bisa dimasukkan dalam perancangan strategi konservasi. Mereka berharap agar ada zonasi untuk melindungi hewan-hewan dan menjauhkan manusia dari habitat mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com