Tangkal "Cyber-bullying", Sistem Baru Ini Lebih Cepat dan Akurat

Kompas.com - 15/06/2018, 17:09 WIB
Ilustrasi Cyber Bullying monkeybusinessimagesIlustrasi Cyber Bullying

KOMPAS.com - Para ahli berhasil menciptakan sistem untuk melacak kekerasan siber di media sosial. Hal ini sangat membantu para orangtua dalam melindungi anak-anak.

Para ahli di Universitas Colorado Boulder di Amerika menangkap keresahan orangtua di zaman milenal ini, yaitu maraknya aksi perundungan di internet yang mengancam anak-anak mereka.

Untuk itu, para ahli menciptakan sistem yang daya komputasinya lima kali lebih efektif dan efisien untuk memberikan sinyal kepada orangtua dan administrator jaringan ketika muncul serangan siber di sebuah akun.

Selain lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan perangkat yang sudah ada saat ini, sistem baru ini dapat memantau jaringan sebesar Instagram secara efisien. Kemampuan ini sangat menghemat daya kekuatan server.

"Tanggapan dari jaringan media sosial terhadap berita palsu baru-baru ini mulai meningkat, meskipun butuh konsekuensi serius untuk mencapai titik itu. Respons serupa juga harus diberikan terhadap perundungan di dunia maya," kata Richard Han, profesor dari UC Boulder.

Baca Juga: Media Sosial "Merusak" Ingatan, Kok Bisa?

Dikutip dari Financial Express, Selasa (12/6/2018), Han menjelaskan cara kerja sistem tersebut mirip dengan ruang perawatan di rumah sakit.

Ketika seorang pengguna mengunggah posting baru, sistem akan memindai komentar-komentar yang muncul dalam unggahan baru tersebut.

Jika sistem mendeteksi ada komentar yang patut dipertanyakan, maka komentar tersebut akan diselidiki lebih dalam dan diteliti ulang. Namun, jika komentar tampak biasa dan aman, maka sistem akan meloloskannya.

“Tujuan kami adalah fokus pada sesi yang paling rentan. Kami sebetulnya masih terus memantau semua sesi, tetapi kami memantau sesi-sesi yang rawan bermasalah," kata Han.

Untuk menguji dalam data dunia nyata, para peneliti memilih Vine, platform berbagi video yang sekarang sudah tidak berfungsi, dan Instagram.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X