Kompas.com - 10/06/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi mudik SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik

KOMPAS.com - Umat Muslim akan merayakan Idul Fitri dalam beberapa hari ke depan. Salah satu tradisi yang hampir dilakukan setiap tahun menjelang Idul Fitri adalah mudik atau kembali ke kampung halaman.

Ini artinya, banyak orang akan melakukan perjalanan jauh dalam keadaan puasa.

Meskipun orang yang melakukan perjalanan jauh diringankan perihal puasa, tapi banyak orang tetap ingin menjalankan ibadah yang satu ini.

Jika Anda adalah salah satu orang yang berniat untuk tetap menjalankan ibadah puasa selama mudik atau melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda membuat beberapa persiapan terlebih dahulu.

Pasalnya berpuasa sambil bepergian jauh itu cukup menghabiskan energi. Lalu, apa yang harus dipersiapkan?

Berikut ini beberapa tips jika ingin melakukan perjalan jauh saat puasa. Misalnya jika Anda ingin mudik ke kampung halaman atau sekadar berlibur ke luar kota menggunakan mobil pribadi.

1. Rencanakan perjalanan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebisa mungkin hindari bepergian jauh tanpa perencanaan yang matang. Pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas lokasi mana saja yang akan Anda tuju, berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mencapainya, dan akses jalan yang akan lewati.

Dengan begini Anda bisa meminimalisasi risiko terburuk yang bisa terjadi saat perjalanan.

Baca juga: Hati-hati... Mudik Taruhan Nyawa gara-gara Microsleep

2. Jaga stamina

Hal lain yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya Anda mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Ingat, Anda sendiri yang mengetahui kondisi tubuh Anda.

Jadi jika ingin melakukan perjalanan jauh saat puasa, perhatikan kondisi tubuh Anda agar stamina tetap terjaga selama perjalanan.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.