Mengapa Bayi Gajah Ini Memutar Belalainya? Ahli Menjawab - Kompas.com

Mengapa Bayi Gajah Ini Memutar Belalainya? Ahli Menjawab

Kompas.com - 09/06/2018, 21:08 WIB
Happy memutar-mutar belalainyaNational Geographic Happy memutar-mutar belalainya

KOMPAS.com – Sebuah video lucu yang direkam di Taman Nasional Gajah Addo, Provinsi Cape Timur, Afrika Selatan menunjukkan seekor anak gajah memutar-mutar belalainya seperti baling-baling helikopter.

Bayi tersebut kemungkinan besar tidak sedang meniru baling-baling helikopter, tetapi merasa tidak nyaman atau tidak aman.

Hal tersebut diungkapkan oleh pakar perilaku gajah Joyce Pool ketika diperlihatkan video tersebut oleh National Geographic.

Dia mengatakan, perilaku umum ini sering kali terlihat di antara anak-anak gajah yang masih belajar untuk mengontrol atau menggunakan belalainya.

Baca juga: Gajah, Badak, dan Ikan Bisa Kentut, Bagaimana dengan Dinosaurus?

Benar saja, rupanya bayi gajah bernama Happy tersebut sedang ingin menyentuh kubangan untuk minum dan berenang keluarganya. Namun, karena masih terlalu kecil, Happy tidak bisa menyentuh air menggunakan belalainya.

Happy yang merasa frustasi kemudian mulai memutar-mutarkan belalainya seperti baling-baling helikopter, layaknya kebiasaan manusia yang mengetuk-ngetukkan jari atau memelintir rambut ketika merasa demikian.

Poole juga mengatakan, pada usianya (Happy), perilaku ini bisa jadi sejenis perilaku pemindahan. (Happy) mungkin ingin masuk ke kubangan, tetapi tidak yakin dengan dinamika sosial yang ada.

“Ketika gajah merasa tidak yakin dengan langkah berikutnya, mereka biasanya melakukan berbagai putaran belalai dan mengayun-ayunkan kaki mereka,” imbuhnya lagi.

Berikut adalah video Happy memutar-mutar belalainya:


Komentar
Close Ads X