Ilmuwan Petakan DNA dari 3.000 Bakteri Berbahaya, Untuk Apa?

Kompas.com - 09/06/2018, 04:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com – Para ilmuwan telah berhasil memetakan kode genetik dari 3.000 bakteri berbahaya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melawan bakteri super yang telah kebal terhadap antibiotik.

Sampel bakteri yang dipelajari berasal dari koleksi National Collection of Type Cultures (NCTC) Inggris. Koleksi ini menyimpan setidaknya 5.500 bakteri.

Dua di antaranya adalah strain Shigella flexneri yang menyebabkan disentri di antara para tentara Perang Dunia I dan bakteri yang menginfeksi hidung Alexander Fleming, penemu penisilin.

Hasil penelitian mereka telah dipublikasikan di situs NCTC dan dapat diakses secara gratis oleh para ilmuwan di seluruh dunia yang ingin mengembangkan alat diagnostik, vaksin, dan perawatan untuk bakteri super.