Kompas.com - 08/06/2018, 17:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda bertanya, siapa atau apa yang pertama menjejakkan kaki Bumi? Kini para ilmuwan menemukan jawabannya.

Baru-baru ini para ilmuwan menemukan jejak kaki tertua di dunia yang diketahui. Jejak kaki yang ditemukan di China tersebut setidaknya telah berumur 541 juta tahun lalu selama periode Ediacaran.

Padahal, dinosaurus baru muncul sekitar 245 juta tahun lalu. Ini artinya periode tersebut terjadi pada ratusan juta tahun sebelum dinosaurus berkeliaran di Bumi.

"Ini dianggap sebagai catatan rekaman jejak kaki fosil hewan paling awal," tulis para peneliti dalam laporannya di jurnal Science Advances dikutip dari AFP, Rabu (06/06/2018).

Selain itu, jejak kaki ini menjadi yang tertua di dunia karena jejak tertua sebelumnya hanya berumur sekitar 530 juta tahun lalu.

"Batuan yang mengandung jejak fosil ini berusia antara 551 dan 541 juta tahun," ujar Zhe Chen, penulis penelitian dan peneliti di Chinese Academy of Sciences.

"Jejak kaki yang diidentifikasi sebelumnya adalah antara 540 dan 530 juta tahun. Fosil jejak kaki baru mungkin mencapai 10 juta tahun lebih tua," imbuhnya.

Dalam laporan tersebut, para peneliti mengatakan, jejak prasejarah tersebut menunjukkan dua baris jejak yang menyerupai serangkaian jejak kaki berulang.

Sayangnya, masih belum jelas makhluk apakah yang meninggalkan jejak kaki tersebut.

Para ilmuwan menemukan jejak kaki ini di Formasi Dengying, sebuah situs di daerah Yangtze Gorges di China selatan.