Sepintar Manusia, Lebah Madu Paham Konsep Nol

Kompas.com - 08/06/2018, 11:32 WIB
lebah/hokkaido univlebah/hokkaido univ lebah/hokkaido univ

KOMPAS.com - Laporan terbaru dalam jurnal Science yang terbit Jumat (8/6/2018) mengungkap kemampuan lebah madu dalam memahami konsep nol.

Berkat kemampuannya, ahli menggolongkan lebah madu ke dalam kelompok hewan spesial yang dapat memahami sesuatu yang abstrak.

Seperti kita tahu, nol adalah konsep numerik tingkat lanjut yang sulit dipahami manusia di masa lalu.

Namun ternyata hal ini dapat dipahami lebah madu dengan kapasitas otak kurang dari satu juta neuron, dibandingkan otak manusia yang memiliki 86.000 juta neuron.

Baca juga: Sejarah Nol yang Sempat Disangka Angka Setan dan Peran Ilmuwan Muslim

Sebelum ilmuwan dari RMIT Universitas Melbourne, Australia menemukan lebah madu dapat memahami konsep nol, hewan seperti lumba-lumba, primata, dan beberapa burung sudah lebih dahulu terbukti dapat melakukannya.

" Nol adalah konsep yang sulit dipahami dalam matematika, anak-anak mungkin butuh beberapa tahun untuk memahaminya," kata Adrian Dyer dari RMIT dalam sebuah pernyataan dilansir Newsweek, Kamis (7/6/2018).

"Setelah dibuktikan monyet dan beberapa burung dapat memahami konsep nol, kami penasaran apakah serangga juga dapat melakukannya," imbuhnya.

Menurut Dyer dan timnya, lebah adalah serangga yang paling cocok untuk diteliti. Pasalnya penelitian sebelumnya telah membuktikan lebah madu dapat mempelajari keterampilan kompleks juga memahami konsep persamaan dan perbedaan.

Bagaimana melatih lebah mengenal konsep nol

Diwartakan Vox, Kamis (7/6/2018), lebah madu adalah hewan yang mudah memahami sesuatu.

Peneliti melatih lebah sama seperti melatih hewan lain, yakni dengan bantuan makanan.

"Dengan menggunakan setetes gula yang dimasukkan ke dalam warna atau bentuk tertentu, maka lebah akan terbiasa untuk datang lagi ke warna atau bentuk tertentu itu untuk mendapat makanan," jelas Dyer.

Dyer dan timnya kemudian mengeluarkan sejumlah kertas dengan cetakan kotak berwarna hitam. Masing-masing kertas memiliki jumlah kotak hitam yang berbeda.