Kompas.com - 06/06/2018, 20:35 WIB
Salah satu adegan dalam film Jurassic Park Salah satu adegan dalam film Jurassic Park

KOMPAS.com - Tepat hari ini (6/6/2018), film sekuel Jurassic World 2 yang menceritakan tentang dinosaurus tayang di Indonesia.

Ini adalah film kelima dalam seri kisah petualangan sains fiksi Jurassic Park yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Michael Crichton. Film pertama Jurassic Park tayang pada 1993.

Sejak penayangan perdananya, film ini dipercaya sebagai terobosan dalam dunia paleontologi dan menginspirasi era baru penelitian paleontologi.

Baca juga: Tak Hanya Pada Manusia, Dinosaurus Juga Berketombe

Melalui film memang gambaran tentang dinosaurus semakin nyata. Akan tetapi, seberapa banyak informasi dari film yang masuk akal dan dapat dibuktikan secara ilmiah?

Tepat saat ulang tahun Jurassic Park ke-25, spesialis visual efek Phil Tippet dan ahli paleontologi Steve Brusatte melihat kembali pembuatan filmnya.

Salah satu fakta yang benar adalah sebagian besar dinosaurus hidup di era Cretaceous atau zaman kapur, yakni di akhir periode Jura sampai awal periode Paleosen.

Dalam film Jurassic Park digambarkan ada banyak dinosaurus yang hidup di era ini, termasuk Tyrannosaurus rex, Velociraptor, dan Triceratops.

Namun, ide mengkloning atau menghidupkan lagi dinosaurus lewat DNA yang diawetkan  tidak benar.

"Untuk mengkloning dinosaurus, Anda membutuhkan seluruh genomnya. Dan sebagai catatan, tidak ada yang pernah menemukan setitik DNA dinosaurus," kata Brusatte dilansir BBC, Senin (4/6/2018).

"Ini adalah sesuatu yang sangat sulit, bahkan sangat tidak mungkin dilakukan," sambungnya.

Sumber BBC