San Jose, Kapal Bernilai Rp 239 Triliun yang Diperebutkan 5 Negara

Kompas.com - 27/05/2018, 20:06 WIB
Meriam kapal San Jose yang difoto oleh REMUS6000 pada 2015. REMUS image, Woods Hole Oceanographic InstitutionMeriam kapal San Jose yang difoto oleh REMUS6000 pada 2015.

KOMPAS.com - Akhirnya, Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) dan Konsultan Arkeologi Kelautan (MAC) mengumumkan temuan pentingnya.

Mereka berhasil menguak tentang adanya bangkai kapal San Jose milik Spanyol yang karam pada tahun 1708 di Laut Karibia.

Sebenarnya, lembaga ini telah berhasil melacak adanya puing kapal tersebut sejak Juni hingga November tahun 2015. Namun, mereka belum berani membeberkan ke publik. Pasalnya, izin dari Swiss AG dan pemerintah Kolombia belum dikantongi.

Rupanya, pemerintah yang bersangkutan sengaja menunda kabar tersebut lantaran rumor menyebutkan bahwa kapal menyimpan harta karun senilai 17 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 239 triliun.

Baca juga: Label ?Made in China? Ubah Sejarah Kapal yang Karam di Laut Jawa

Kisah kapal

Bukan tanpa sebab kapal tersebut mengangkut uang sebanyak itu. Harta tersebut merupakan hasil jarahan yang diperoleh dari Peru. Nilainya diperkirakan mencapai 4-17 miliar dolar AS.

Rencananya, kekayaan tersebut akan dipergunakan untuk melancarkan Perang Sukses Spanyol yang berlangsung dari 9 Juli 1701 hingga 7 Maret 1714.

Di tengah panas-panasnya suasana perang melawan Inggris oleh gabungan Spanyol dan Perancis, kapal ini nekad berlayar tanpa pengawalan dari Dunia Baru (benua Amerika) ke Eropa.

Keyakinan sang komandan, Laksamana Jose Fernandez de Santillan, berbuah petaka.

Akibat pengamanan yang tidak ketat, kapal ini tidak bisa mengimbangi perlawanan dari empat kapal Inggris yang menghadang. Sebanyak 600 awak kapal dikerahkan dan 62 senjata berupa meriam diluncurkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X