Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2018, 04:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Menyusul deklarasi wabah Ebola, pemerintah Republik Demokratik Kongo memulai kampanye vaksinasi rVSVΔG-ZEBOV.

Vaksinasi ini akan diberikan dengan strategi cincin, yakni menyasar mereka yang berkontak langsung dengan pasien Ebola dan orang-orang di sekitar mereka, karena dosis yang tersedia baru 7.500 dan Kongo masih menunggu kiriman 8.000 dosis.

7.500 dosis hanya cukup untuk 50 cincin yang masing-masing terdiri dari 150 orang.

Vaksin rVSVΔG-ZEBOV adalah virus chimera hidup yang bisa mereplikasi diri di dalam sel. Virus ini merupakan virus vesicular stomatitis, virus yang hanya menginfeksi ternak dan menyebabkan penyakit ringan pada manusia, yang telah dimodifikasi untuk membawa kode glycoprotein ebola.

Pada vaksin ini, protein tersebut akan mendorong sistem kekebalan tubuh manusia untuk membentuk respons perlindungan terhadap virus ebola.

Baca juga: Ebola Mewabah Lagi di Kongo, 17 Orang Meninggal

Namun, harus diakui bahwa vaksin rVSVΔG-ZEBOV masih eksperimental. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyetujuinya untuk digunakan dalam protokol tertentu, seperti kasus wabah kali ini.

Dalam percobaan-percobaan sebelumnya, vaksin ini terbukti bisa melindungi tikus, hamster, dan primata non-manusia dari Ebola.

Vaksinasi rVSVΔG-ZEBOV dengan strategi serupa pada 2015 di Guinea dan Sierra Leone juga menunjukkan bahwa vaksin ini aman dan 100 persen efektif dalam melindungi Ebola.

Oleh karena itu, baik WHO maupun pemerintah Kongo meyakini bahwa vaksin ini akan menjadi solusi bagi wabah Ebola kali ini.

Tantangannya hanyalah lokasi-lokasi wabah di Kongo yang terpencil.

Dr Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO untuk Afrika, mengatakan, menerapkan vaksinasi Ebola dalam strategi cincin adalah prosedur yang kompleks. Vaksin ini harus disimpan dalam temperatur -60 sampai -80 celcius. Jadi memindahkan mereka dan menyimpannya di area yang terdampak akan menjadi tantangan besar.

Untungnya, WHO, otoritas kesehatan setempat dan Médecins Sans Frontières telah mempersiapkan jembatan udara, helikopter, dan sepeda motor untuk memperlancar kampanye ini. Mereka juga telah menyiapkan lemari pembeku di lokasi-lokasi wabah dan memindahkan vaksin dalam kontainer yang bisa menjaga suhu di bawah titik beku selama satu minggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com