Kompas.com - 22/05/2018, 17:06 WIB

KOMPAS.com - Manusia sudah mengidam-idamkan melakukan perjalanan ke luar angkasa, termasuk juga untuk suatu saat bisa menetap di sana. Salah satu kandidat yang paling gencar dibicarakan sebagai Bumi selanjutnya adalah Mars.

Namun sampai saat ini para ilmuwan masih berspekulasi, bisakah tubuh kita beradaptasi dengan lingkungan di luar Bumi dan bereproduksi?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Futures edisi Juni menjawab bahwa urusan reproduksi di planet merah ini rupanya tak mudah dan punya banyak tantangan medis.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berbasis di University of Information Technology and Management, Rzeszów, Polandia ini berpendapat jika Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis atau sekitar 100 kali lebih tipis dari Bumi.

Jadi, ada kekhawatiran radiasi kosmik akan terjadi lebih besar dibandingkan dengan Bumi.