Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tujuan Peternak Skotlandia Ciptakan Bra untuk Sapinya

Kompas.com - 13/05/2018, 12:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek


KOMPAS.com - Graham Burnett, seorang peternak asal Eastern Ross, Skotlandia, membuat bra khusus untuk sapinya.

Bra ciptaan Burnett ini bukan untuk aksesori semata, tetapi untuk mengurangi tekanan pada salah satu ambing sapinya. Ambing adalah kelenjar yang mengeluarkan air susu pada mamalia betina berkaki empat.

Karya uniknya ini pun dibagikannya pada rekan peternak yang lain. Salah satunya Donald Ross yang akhirnya membagikan gambar Burnett ke twitternya dan menjadi viral.

Baca juga: Alasan Manusia Melubangi Kepala Sapi 5.000 Tahun yang Lalu

 


Sebelum bra sapi dibuatnya, Burnett mengatakan anak sapi hanya mau makan dari puting ambing bagian depan, sehingga membuat ambing belakang induknya bengkak karena penuh dengan susu.

Burnett mengkhawatirkan pembengkakan pada payudara sapinya dapat menyebabkan mastitis, peradangan pada kelenjar ambing atau payudaranya, yang justru dapat menyebabkan infeksi dan bahkan kerusakan permanen.

"Menggunakan bra adalah cara yang bisa dilakukan demi kepentingan sapi. Kainnya lembut dan menggunakan tali elastis," ujar Ross kepada BBC via Newsweek, Jumat (11/5/2018).

Menurut Ross, jika Burnett meminyaki ambing sapi dengan tangannya justru sangat berisiko.

"Karena tekanan yang diberikan saat pemijatan, sapi mungkin justru menendang Burnett. Merawat hewan ternak adalah pekerjaan cukup berisiko, dengan penggunaan bra maka akan meminimalkan risiko," kata Ross kepada Newsweek.

Baca juga: Peternakan Terbesar di Indonesia Dibuka, Tampung 10.000 Sapi Perah

"Kebutuhan adalah ibu dari penemuan," imbuh Ross yang mengunggah foto tersebut ke sosial medianya untuk memberi pengetahuan sekaligus menghibur teman-temannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com