Bukan Penyakit Baru, Hepatitis B Sudah Ada Sejak 4.500 Tahun Lalu

Kompas.com - 12/05/2018, 20:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bukti baru mengungkap jika keberadaan Hepatitis B ternyata jauh lebih lama daripada yang kita duga sebelumnya.

Hasil studi dari tim peneliti University of Copenhagen dan University of Cambridge ini menguak bahwa Hepatitis B sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Peneliti berhasil menemukan DNA Hepatitis B pada manusia yang berasal dari Zaman Perunggu, sekitar 4.500 tahun lalu. Hal ini membuktikan jika penyakit mematikan di abad ke-6 ini menginfeksi manusia secara luas di seluruh Eurasia dari dahulu kala.

Hasil tersebut didapatkan dari analisis genom 304 individu yang hidup antara 7000 hingga 200 tahun yang lalu. DNA individu didapat dari sementum gigi dan petrosa (tulang padat) yang jadi bagian dari tulang temporal. Bagian-bagian ini lebih banyak melindungi DNA.