Kompas.com - 18/04/2018, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Insting kumbang Ambrosia memang unik. Secara alami, mereka tertarik dengan alkohol, bahkan kalaupun alkohol itu ada di dalam gelas bir Anda.

Hal ini terjadi karena kesalahpahaman kumbang yang mengira gelas bir Anda sebagai seonggok batang kayu tua.

"Sudah lama diketahui bahwa pohon yang sekarat akan mengeluarkan alkohol, dan ini menarik perhatian kumbang Ambrosia untuk mencari jamur dan berkolonisasi," kata Peter Biedermann, ahli dari Departemen Ekologi Hewan dan Biologi Tropis di Universitas Wuerzburg.

Kumbang Ambrosia merupakan kelompok besar dari ribuan jenis kumbang, termasuk kumbang hitam kulit kayu. Semua jenis kumbang yang masuk dalam kelompok kumbang ambrosia memiliki kemampuan untuk "menuai" jamur.

Baca Juga: Gara-gara Studi Ini, Hilang Sudah Alasan untuk Tidak Makan Serangga

Dikutip dari Sciencedaily, Senin (9/4/2018), alasan kumbang kayu tertarik dengan alkohol sejatinya adalah untuk mencari jamur yang bisa dimakan. Alkohol yang keluar dari pohon tua akan menjadi lahan subur bagi jamur pohon.

"Peningkatan aktivitas enzim pengurai alkohol memungkinkan jamur serangga tumbuh optimal dalam kayu tua yang kaya alkohol, meskipun bagi mikroorganisme lain, alkohol adalah racun," kata Biedermann.

Semakin banyak jamur tumbuh, itu berarti lebih banyak makanan untuk kumbang. Lebih banyak makanan berarti ideal bagi kumbang untuk berkembang biak. Menurut para peneliti, kadar alkohol yang ideal bagi para kumbang adalah sekitar dua persen.

Phillip Benz dari Wood Research Institute of the Technical University of Munich (TUM) berkata bahwa pada kadar tersebut, kapang yang merupakan gulma bagi kumbang hanya tumbuh seminggu sekali dan tidak akan menyaingi pertumbuhan jamur.

Baca Juga: Kumbang Ini Bisa Lolos dari Pencernaan Kodok, Kok Bisa?

"Selama lebih dari 60 juta tahun, hewan-hewan ini telah berhasil mempraktekkan sistem pertanian yang berkelangsungan, meskipun mereka hanya menanam jamur Ambrosia yang monokultur," katanya.

Kerja sama sosial

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.