Kali Pertama, Hiu dan Buaya Tertangkap Kamera "Makan Bersama"

Kompas.com - 30/04/2018, 17:35 WIB
Hiu dan buaya berpesta dengan bangkai paus Hiu dan buaya berpesta dengan bangkai paus

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan dua predator besar di dunia "makan bersama"?

Fenomena ini terjadi di lepas pantai Australia. Empat hiu macan dan seekor buaya air asin "berpesta" atas bangkai seekor paus.

Hal ini terekam kamera drone seorang anggota kru kapal operator tur Australia pada September 2017 silam. Jeremy Tucker, nama kru tersebut, kemudian mempostingnya di media sosial.

Melalui postingan ini kemudian mempertemukan Tucker dengan Austin Gallagher, ahli hiu sekaligus kepala ilmuwan di organisasi konservasi Beneath the Waves.

Baca juga: Kisah Nyata dari Pasifik, Paus Lindungi Penyelam dari Serangan Hiu

Gallagher kemudian tertarik mengamati interaksi kedua predator besar tersebut. Dalam laporannya di Journal of Ethology, dia menggambarkan peristiwa itu sebagai catatan pertama yang terdokumentasi tentang predator hiu dan buaya air asin yang sama-sama mencari makanan.

Peristiwa "pesta" bersama ini juga berguna bagi para ilmuwan. Itu karena rekaman ini memfasilitasi interaksi antar-spesies yang jarang teramati.

"Memakan bangkai adalah komponen penting bagi ekologi keseluruhan spesies hampir di semua ekosistem," ungkap para penulis dikutip dari Newsweek, Jumat (27/04/2018).

"Mengingat adanya manfaat energetik dari cara mencari makan seperti ini, predator oportunistik akan menyesuaikan perilakunya sesuai untuk memaksimalkan akses. Kami melaporkan dan mendiskusikan perilaku dari hiu dan buaya dengan harapan adanya pengetahun baru tentang interaksi antara para predator yang jarang terlihat bersama meski mungkin akan saling melengkapi dalam konteks lebih spesifik," imbuhnya.

Hiu dan buaya saling melengkapi di lingkungan lepas pantai. Padahal, dalam sebagian besar dokumentasi, kedua spesies ini hanya berinteraksi antara satu spesies dewasa dan yang lain anak-anak.

Dengan kata lain, hanya sedikit yang mengetahui interaksi antara buaya dewasa dengan hius dewasa, dalam hal ini hiu macan.