Makluk-makluk Tak Dikenal yang Terancam Hilang dari Muka Bumi

Kompas.com - 20/04/2018, 17:00 WIB
Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) WikipediaAye-aye (Daubentonia madagascariensis)

KOMPAS.com - Masih ingat dengan kura-kura Mary yang bergaya punk? Baru-baru ini kita mendengar kabar kura-kura itu masuk daftar hewan terancam punah. Penampilannya yang tak lazim membuat orang tertarik untuk memburunya.

Kura-kura Mary tidak sendirian. Di alam liar, masih ada spesies dengan tampilan eksentrik yang hidupnya di ambang kepunahan tapi kurang dikenal. Apa saja mereka? Kompas.com mendaftarnya untuk Anda.

Aye-aye

Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) merupakan hewan endemik Madagaskar. Aye-aye termasuk primata nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari.

Tubuhnya berwarna coklat gelap atau hitam, memiliki ekor yang ukurannya lebih besar dari tubuh mereka. Matanya besar serta telinga yang sensitif.

Baca juga : Kisah Kecoa Temukan Jodoh, dari Antena ke Otak

Dan yang paling aneh adalah jari tengah mereka yang sangat panjang. Mereka menggunakannya untuk mengambil larva yang tersembunyi di pepohonan.

Yangtze PorpoiseWWF Yangtze Porpoise

Porpoise Sungai Yangtze

Porpoise tanpa sirip ini tidak terlihat semenakutkan Aye-aye. Malahan penampilan Porpoise Sungai Yangtze ini terlihat selalu bahagia dengan senyum manis dan mulut terbuka.

Seperti namanya spesies ini hanya ditemukan di sungai Yangtze dan kini diperkirakan jumlahnya hanya ada sekitar 1800 di alam liar.

Baca juga : Spesies Katak Baru di Sumatera, Punya Organ Aneh di Perut

Selain senyumnya yang menawan, Porpoise Sungai Yangtze juga dikenal karena memiliki tingkat kecerdasan yang sebanding dengan gorila.

Cacing Penis (Atretochoana eiselti)Matt Roper/Mongabay Cacing Penis (Atretochoana eiselti)

"Cacing Penis"

Ada salah kaprah dibalik sebutannya. Cacing Penis sebenarnya bukanlah cacing meski penampilanya mirip hewan melata.

Ahli biologi yang menelitinya mengidentifikasikannya sebagai Atretochoana eiselti, yang masih berkerabat dengan amfibi seperti salamander dan katak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X