Kompas.com - 20/04/2018, 12:32 WIB

KOMPAS.com - Gonore adalah penyakit menular seksual yang berupa kencing nanah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhea atau gonococcus.

Penyakit ini biasanya disembuhkan dengan penggunaan antibiotik. Tapi, awal bulan ini, kasus gonore menjadi perhatian publik setelah seorang pria di Inggris didiagnosis mengalami penyakit kencing nanah yang tak bisa disembuhkan.

Alasan tak bisa sembuhnya pria yang enggan disebut namanya itu adalah kekebalan antibiotik. Para ahli medis kemudian menyebut penyakit ini sebagai "Super Gonorrhea".

Ternyata, kini kasus serupa ditemui di Australia. Pada Selasa (17/04/2018), Departemen Kesehatan Pemerintah Australia melapurkan adanya dua kasus "Super Gonorrhea".

Baca juga: Resmi Sudah, Pria Inggris Jadi Korban Pertama Super Gonorrhea

Kedua pasien tersebut diyakini terjangkit infeksi ini di Asia Tenggara. Pelacakan pada kasus di Inggris juga merujuk pada wilayah yang sama.

"Kasus-kasus terbaru di Inggris tampaknya menjadi yang pertama dilaporkan tentang resistensi antibiotik, yang biasanya rutin digunakan pada gonore," kata Departemen Kesehatan Pemerintah Australia dikutip dari Newsweek, Kamis (19/04/2018).

Penyakit ini dikategorikan sebagai "multi-drug resistant".

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit gonore biasanya punya gejala yang beragam.

Para pria gejalanya mulai dari sensasi terbakar saat buang air kecil, keluarnya cairan dari penis, hingga testis yang membengkak. Sedangkan pada wanita adalah sensasi terbakar atau menyakitkan ketika buang ari kecil, peningkatan keputihan, hingga pendarahan vagina.

Meski begitu, biasanya gejalanya lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita. Tapi, wanita punya risiko lebih tinggi terhadap komplikasi lebih serius dari penyakit ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.