Kompas.com - 01/03/2018, 20:03 WIB
Hexanchus vitulus muda di pesisir Belize. IVY BAREMORE/MARALLIANCEHexanchus vitulus muda di pesisir Belize.

KOMPAS.com — Selama ini, para peneliti beranggapan bahwa hiu berinsang enam di Samudra Atlantik adalah spesies yang sama dengan Hexanchus nakamurai. Namun, riset baru membuktikan bahwa spesies ini berbeda dengan hiu berinsang enam yang berenang di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Hal ini terungkap setelah sekolompok pakar biologi kelautan yang dipimpin oleh Ketua Shark Conservation Lab dari Florida Institute of Technology, Toby Daly-Engel, menganalisis 1.310 pasang gen mitokondria dari hiu-hiu di ketiga samudra tersebut.

Hasil yang telah dipublikasikan dalam jurnal Marine Biodiversity mengumumkan bahwa ikan hiu berinsang enam adalah spesies baru yang kini bernama Hexanchus vitulus.

H vitulus adalah hiu yang sangat unik. Ia memiliki enam insang, tidak seperti mayoritas hiu yang berinsang enam. Selain itu, spesies ini pertama kali muncul lebih dari 250 juta tahun yang lalu atau sebelum dinosaurus berjalan di bumi.