Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Puluhan Orang Meninggal, Ada Apa dengan Miras Oplosan?

Kompas.com - 10/04/2018, 18:05 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Sudah 23 orang dinyatakan meninggal usai menenggak minuman keras oplosan di Bandung, dan puluhan orang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Mirisnya, kasus miras oplosan ini bukanlah yang kali pertama di Indonesia. Kasus ini terus berulang karena banyak faktor, termasuk ketidaktahuan tentang sifat senyawa alkohol. 

Budiawan, ahli toksikologi dari Universitas Indonesia, mengatakan, penggunaan alkohol terlalu banyak akan membahayakan kesehatan manusia.

"Baik metanol atau etanol dengan kadar lebih dari 10 persen, bisa menimbulkan gejala mual dan muntah, tubuh akan terasa terbakar seperti panas dalam, dapat menyebabkan depresi sistem saraf pusat, kebutaan dan menyebakan gangguan fungsi hati serta pernapasan," kata Budiawan, kepada Kompas.com, Senin (9/4/2018).

Menurut Budiawan, kandungan alkohol di dalam miras oplosan biasanya lebih dari 55 persen dan alkohol memiliki sifat adiktif yang membuat ketagihan. 

Baca Juga: Korban yang Tewas Akibat Miras Oplosan Bertambah Jadi 23 Orang

Alkohol sendiri memiliki dua senyawa, yaitu metanol dan etanol. Metanol memiliki rumus molekul CH3OH, sedangkan etanol rumus molekulnya adalah CH3CH2-OH.

Metanol lebih sering digunakan untuk bahan bakar seperti spiritus dan digunakan dalam kegiatan industri besar, misalnya cat. 

Sementara itu, senyawa etanol lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam peralatan kosmetik dan minuman beralkohol dengan batas kadar tertentu. Selain itu, etanol juga bisa diperoleh dari proses fermentasi buah-buahan atau gandum untuk membuat bir, wine, brandy dan lain-lainnya.

"Kadar metanol di spiritus bisa mencapai 98 persen, lalu etanol dalam minuman keras kadarnya antara 5-12 persen. Namun demikian, penggunaan etanol dan metanol terlalu banyak tetap membahayakan kesehatan," katanya.

Baca Juga: Tewas Seusai Tenggak Miras Oplosan, Pembuluh Darah Organ Dalam Gus Bonek Pecah

Dalam kasus miras oplosan di Bandung dan sejumlah daerah lainnya, Budiawan berkata bahwa belum ada penelitian khusus tentang bagaimana reaksi yang terjadi dalam tubuh.

Akan tetapi, ketika alkohol bercampur dengan bahan lain, akan terjadi pelarutan atau ekstraksi senyawa kimia yang menimbulkan dampak bagi tubuh.

"Penting bagi masyarakat untuk mengetahui, umumnya miras oplosan menggunakan spiritus agar berwarna biru, dan itu adalah metanol yang beracun," katanya.

Untuk itu, berpikirlah dua kali sebelum Anda ingin meminum miras oplosan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com