Kompas.com - 09/04/2018, 21:32 WIB

KOMPAS.com - Melihat video ular menelan mangsanya bulat-bulat bukanlah hal yang langka. Tapi bagaimana jika Anda menyaksikan ular yang "mencuil" mangsa sebelum memakannya?

Inilah yang dilakukan dari ular air bermata kucing (Gerarda prevostiana) dari Asia Tenggara. Hewan tanpa anggota badan pembantu, seperti tangan atau kaki tersebut, memotong-motong mangsanya sebelum memakannya.

Fenomena ini ditemukan oleh para peneliti dari University of Cincinnati, AS ketika menjelajah sebuah hutan bakau.

Para peneliti menemukan ular jenis tersebut tumbuh subur di lingkungannya. Tak hanya itu, hewan melata ini bahkan juga menjadi pemilih dalam hal makanan.

Baca juga: Makan Sepatu, Ular Piton di Australia Harus Dioperasi

Mereka lebih suka "berpesta" kepiting yang memiliki runcing tajam dan cangkang keras.
Uniknya, ular-ular ini mampu menemukan celah ketika kepiting sedang berganti cangkang. Saat inilah, kepiting lebih lunak dari biasanya, sementara cangkang barunya baru mengeras dalam waktu satu jam.

"Ular hanya memiliki sekitar 20 menit untuk makan kepiting seperti yang mereka inginkan," ungkap Bruce Jayne, penulis utama penelitian ini dikutip dari Science Alert, Senin (09/04/2018).

Selain itu, saat pergantian cangkang inilah, kepiting lebih lunak dan mudah merobeknya menjadi potongan kecil. Hal ini dilakukan ular-ular tersebut tanpa bantuan tangan.

Mulanya, ular menangkap kepiting dengan mulutnya. Lalu, ia membentuk lingkaran dengan tubuhnya.

Ular menarik kepiting melalui lingkaran tersebut berulang kali dan perlahan-lahan menghancurkannya. Cara ini membuat kepiting tersebut menjadi potongan yang lebih "lembut".

Dalam laporan yang dipublikasikan di Journal Biological of the Linnean Society ini menyebut, metode ini juga memungkinkan ular air bermata kucing memakan mangsa yang lebih besar dari ukurannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.