Kompas.com - 05/04/2018, 17:33 WIB
Gajah di Chester Zoo Chester ZooGajah di Chester Zoo

KOMPAS.com - Teknik pemantauan hewan yang terancam punah di dalam hutan saat ini membutuhkan biaya mahal dan tidak efisien. Untuk itu, ahli menggunakan perangkat lunak yang sering dipakai astronom ketika mengamati bintang di luar angkasa.

Perlu diketahui, para astronom memiliki teknik pengamatan melalui jejak panas sebuah bintang untuk mengetahui usia dan ukuran sebuah bintang di luar angkasa.

Hal tersebut menginspirasi Serge Wich dan Steve Longmore, dua ahli dari Universitas Liverpool John Moores, untuk merancang sistem yang secara otomatis mampu mendeteksi pola panas di tubuh binatang melalui kamera yang dipasang di sebuah drone.

Ahli kehutanan dan astrofisikawan tersebut sudah mempresentasikan ide mereka di forum tahunan European Astronomical Society di Inggris.

"Konservasi tidak hanya tentang jumlah hewan, tetapi juga tentang kemauan politik dan masyarakat lokal yang mendukung konservasi. Namun, data yang lebih baik selalu membantu untuk memajukan argumen yang baik. Data yang solid tentang apa yang terjadi pada populasi hewan adalah dasar dari semua upaya konservasi," ungkap Wich, dikutip dari BBC, Selasa (3/4/2018).