Kompas.com - 31/03/2018, 17:00 WIB
ilustrasi merebus telur ilustrasi merebus telur

KOMPAS.com - Merebus telur tampak seperti kegiatan ringan yang mudah dilakukan siapa saja. Kendati begitu, telur rebus yang dihasilkan setiap orang dan setiap kesempatan berbeda-beda.

Ada orang yang berhasil merebus telur secara utuh. Sebagian lainnya harus menerima telur rebusnya remuk karena terlalu lama di atas kompor.

Berbagai siasat pun sering digunakan untuk mendapatkan telur rebut terbaik. Mulai dari menusuk telur yang direbus dengan garpu, menambahkan cuka ke dalam air rebusan supaya cangkang telur mudah dikupas, hingga memastikan air telah mendidih sebelum merebus telur.

Namun, manakah cara merebus telur terbaik? Dirangkum dari Science Alert, Selasa (27/03/2018), pakar fisika kuantum, Milosz Panfil menyusun panduannya untuk Anda.

Baca juga: Kasus Langka, Ada Telur Beranak di Australia

Anda hanya perlu mengikuti rumus berikut saat merebus telur:

t = m * K * log(ywr * (Ttelur - Tair)/(T - Tair))

Rumus tersebut diartikan demikian, t merupakan waktu; m adalah massa; K adalah konduktivitas termal dari telur; T adalah suhu antara putih dan kuning telur; Ttelur untuk suhu telur; Tair adalah suhu air; dan ywr adalah rasio kuning telur dan putih telur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panduan tersebut menawarkan Anda untuk terus menjaga suhu saat merebus telur agar tetap stabil.

Suhu yang diperlukan agar putih dan kuning telur menjadi setengah matang adalah 65 derajat Celcius. Sedangkan untuk kematangan yang benar-benar sempurna, Anda perlu memastikan suhu saat merebus adalah 77 derajat Celsius.

Namun apabila merebus telur di atas kompor, tentu Anda sukar mengetahui temperatur apinya.

Panfil menyatakan, keberhasilan merebus telur ditentukan oleh ukuran telur, suhu telur sebelum dicemplungkan ke air, waktu, dan ketinggian lokasi merebus telur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.