Bulu Domba Berikan Petunjuk Kenapa Ada Rambut yang Keriting

Kompas.com - 24/03/2018, 10:06 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa ada orang yang berambut keriting? Pertanyaan itu diselidiki dalam penelitian yang baru diterbitkan di Journal of Experimental Biology.

Dalam studi ini, para peneliti dari AgResearch di Selandia Baru mempelajari bulu dari enam domba Merino yang memiliki struktur sel tipis.

Untuk mengambil sampel, bulu-bulu domba ini dibersihkan menggunakan air murni terlebih dahulu supaya tidak saling melekat satu sama lain. Setelah itu, para peneliti mengeringkannya menggunakan alat khusus agar keikalan bulu tidak berubah.

Bulu yang sudah tidak basah kemudian diamati di bawah mikroskop. Dari situ, peneliti mendata panjang sel serta mengukur perbedaan jumlah tipe sel yang ada. Tak hanya itu, lengkungan tiap sampel ikut ditelaah.