Sering Sakit Setelah Naik Pesawat, Peneliti Sarankan Tempat Duduk Ini

Kompas.com - 21/03/2018, 19:34 WIB
ILUSTRASI - Penumpang di dalam pesawat. ThinkStockILUSTRASI - Penumpang di dalam pesawat.

KOMPAS.com - Beberapa orang yang menempuh perjalanan udara dengan pesawat sering mengeluh sakit. Salah satu alasannya adalah terpapar kuman saat di pesawat.

Sebuah penelitian baru-baru ini juga membahas tentang kemungkinan terpapar kuman atau virus saat di pesawat. Untuk itu, para peneliti menyarankan duduk di dekat jendela jika ingin menghindarinya.

"(Untuk orang yang tidak ingin sakit) duduk di kursi dekat jendela itu dan jangan pindah," ungkap Vicki Stover Hertzberg, peneliti utama penelitian ini dikutip dari Associated Press, Selasa (20/03/2018).

Temuan tersebut didapatkan setelah para peneliti menguji permukaan kabin dan udara pesawat yang terbang di sekitar Amerika Serikat. Selain itu, mereka juga mengamati bagaimana penumpang bersentuhan satu sama lain.

Baca juga: Mengapa Pesawat AirAsia QZ 535 Turun Cepat dari 34.000 ke 10.000 Kaki?

Selanjutnya, para peneliti melakukan beberapa permodelan matematika dan simulasi komputer untuk menentukan kemungkinan seseorang tertular virus. Dalam simulasi ini, orang yang sedang sakit berada di baris ke-14 sebuah pesawat lorong tunggal.

Hasilnya, kursi di dekat jendela pesawat adalah yang paling aman dari virus dan kuman.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa rata-rata hanya satu orang di dalam penerbangan biasa (150 orang penumpang) yang akan terinfeksi.

Meski begitu, penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences ini memiliki kekurangan. Salah satunya adalah dalam 10 penerbangan hanya ada 1 orang saja yang terkena batuk.

Hertzberg menyebut hal ini karena ketidakberuntungan para peneliti.

Walau tidak sempurna, penelitian ini mendapatkan apresiasi dari beberapa peneliti lain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X