Kompas.com - 14/03/2018, 12:31 WIB
Mumi misterius yang memiliki tiga jari ini ditemukan di Peru dan disebut sebagai makhluk humanoid. Mirip manusia tapi bukan manusia.
Mumi misterius yang memiliki tiga jari ini ditemukan di Peru dan disebut sebagai makhluk humanoid. Mirip manusia tapi bukan manusia.

KOMPAS.com - Pertengahan 2017 lalu, para ilmuwan menemukan mumi misterius bersama bayi mumi berusia sembilan bulan di sebuah pemakaman terpencil dekat Nazca, Peru.

Dari hasil analisis terdahulu, mumi dewasa ini seorang wanita yang kemudian diberi nama Maria, sementara bayi berusia sembilan bulan di dekatnya diberi nama Vavita. Peneliti memperkirakan keduanya berumur 6.500 tahun.

Sekilas, bentuk keduanya mirip seperti manusia. Mereka pun memiliki 23 kromosom yang sama seperti kita. Meski begitu, keduanya disebut sebagai makhluk humanoid, mirip tapi bukan manusia.

Mereka memiliki dua lengan, dua kaki, kepala, sepasang mata, dan mulut. Bedanya, tengkorak kepala memanjang dan mereka hanya punya tiga jari pada masing-masing tangan dan kaki.

Baca juga : Tato Tertua di Dunia Ditemukan Pada Mumi Berusia 5.000 Tahun

Analisis terperinci untuk makhluk ini masih terus dilakukan oleh para ahli untuk memastikan jenisnya.

"Kami sedang menganalisis apakah semua kromosom terbentuk dari asam amino seperti yang kita miliki," kata Profesor Konstantin Korotkov dari Russian National Research University dilansir Sputnik News, Sabtu (10/3/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk sementara, Korotkov berkata organ dalam mumi memiliki bentuk yang tak biasa. Mulai dari struktur tulang yang sangat berbeda dari manusia, tulang berbentuk tunas di bagian atas, kemudian tulang rusuk terdiri dari tulang rusuk setengah lingkaran.

Dalam analisisnya, para ilmuwan berhasil menemukan bubuk putik untuk mengawetkan mumi adalah zat kadmium klorida.

Korotkov berkata timnya juga telah menemukan empat mumi lain yang juga memiliki ciri seperti Maria berukuran 70 sentimeter.

"Pemindaian Tomografi mengungkapkan kerangka mereka. Jaringannya memiliki sifat biologis dan komposisi kimianya menunjukkan bahwa mereka adalah manusia. DNA mereka menampilkan 23 pasang kromosom seperti yang kita miliki," jelas Korotkov.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.