Peneliti Perkirakan Tinggi Ombak Pantai Naik 2 Kali Lipat Pada 2100

Kompas.com - 07/03/2018, 12:05 WIB
Ilustrasi gelombang laut tinggi. KOMPAS.com/ ROSYID ASZHARIlustrasi gelombang laut tinggi.

KOMPAS.com - Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa terumbu karang dunia dalam kondisi memprihatinkan. Kerusakan karang terjadi di hampir seluruh lautan dunia.

Padahal, karang merupakan rumah bagi banyak biota laut. Selain itu, karang juga punya banyak manfaat sebagai pelindung pantai.

Terumbu karang kompleks yang penuh dengan sudut dan celah telah lama diketahui sebagai pertahanan pantai dari gelombang laut. Dengan kata lain, karang merupakan pemecah ombak.

Stuktur karang yang kasar dan komleks "meredakan" energi gelombang laut melalui gesekan. Alhasil, ombak yang mencapai pantai sudah cukup tenang dan tidak besar.

Baca juga: BRI Pasang Mesin ATM di Dasar Laut Pahawang, Ini Kata Peneliti LIPI

Sayangnya, kerusakan karang dunia yang makin parah ini mungkin akan membuat ombak lebih tinggi saat sampai di pantai.

Apalagi, kompleksitas karang secara keseluruhan terus berkurang. Hal ini berpotensi membuat pentai lebih "terbuka".

Di saat yang sama, kenaikan permukaan air laut juga makin mengancam masyarakat pesisir. Kenaikan permukaan air laut ini berpotensi untuk membuat genangan dan erosi pantai.

Kenaikan permukaan air laut ini juga bisa membuat ombak yang mencapai pantai makin tinggi.

Dirangkum dari Science News, Senin (05/03/2018), dalam sebuah penelitian terbaru, para ilmuwan memperkirakan bahwa ombak di beberapa wilayah di Pulau Pasifik pada tahun 2100 mungkin akan memiliki tinggi dua kali lipat ombak saat ini.

Untuk mendapat perkiraan tersebut, para peneliti mengadakan simulasi kondisi laut dan terumbu karang saat ini dan masa depan di empat lokasi dengan energi gelombang yang berbeda. Kedua simulasi tersebut dibandingkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X