Kenapa Anda Merasa Lelah Sepanjang Hari, Padahal Cukup Tidur?

Kompas.com - 06/03/2018, 17:00 WIB
Kurang darah bukan hanya dikenali dari gejala pucat, letih, lesu. shutterstockKurang darah bukan hanya dikenali dari gejala pucat, letih, lesu.

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa letih sepanjang hari padahal sudah tidur cukup? Jika ya, Anda tidak sendiri.

Pada 2013 lalu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menerbitkan hasil survei yang menyebut bahwa hampir 16 persen wanita dan 9 persen pria Amerika Serikat merasa kelelahan sepanjang waktu.

Biasanya, alasan kelelahan yang kita alami sepajang hari adalah kurang tidur. Tapi ternyata kurang tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa kita merasa letih seharian.

Bahkan mungkin, Anda yang cukup tidur pun mengalami rasa letih yang membuat malas melakukan aktivitas harian.

Baca juga: Mengapa Panas Bikin Anda Lelah dan Ngantuk? Sains Menjawab

Salah satu kemungkinannya adalah jam sirkadian (jam biologis) yang salah.

Jam sirkadian sendiri merupakan "pengatur waktu" internal yang memberitahu tubuh bagaimana harus bertindak yang bergantung pada waktu hari. Inilah yang kemudian menghasilkan ritme sirkadian.

Dengan kata lain, ritme ini adalah semua proses biologis tubuh yang kita alami dalam sehari, misalnya makan atau tidur.

Penjaga ritme ini terdiri dari sel-sel di hipotalamus yang disebut dengan nukleus suprachiasmatik (SCN), yang mengendalikan keseluruhan proses tubuh.

Ilmuwan saraf Mary Harrington dari Smith College di Northampton, Massachusetts, AS menjelaskan bahwa ketika SCN berfungsi dengan baik, maka Anda akan merasa siap siaga di pagi hari. Selanjutnya, kesiapsiagaan ini akan merosot di sore hari hingga Anda merasa lelah pada malam hari.

Menurut Harrington, sebenarnya seberapa lama Anda tidur tidak mempengaruhi ritme ini. Tapi jumlah cahaya di lingkungan Anda yang mempengaruhinya.

Halaman:


Sumber Newsweek
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X