Kompas.com - 21/02/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa perempuan dilanda kebingungan lantaran perbedaan hasil test pack dan diagnosis dokter.

Hasil tes kehamilan dengan test pack menunjukkan hasil positif, tetapi dokter menyatakan   tidak.

Bila perbedaan itu terjadi, Benny Johan Marpaung, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, meminta para wanita jangan buru-buru khawatir. Menurutnya, hal tersebut lumrah terjadi.

Dalam perayaan kelima Orami di Jakarta pada Rabu (21/2/2018), Benny menyampaikan bahwa perbedaan hasil antara tes kehamilan dan dokter bisa terjadi karena indikator yang dipakai.

Tes kehamilan menggunakan urine sebagai indikator kehamilan. Sementara saat memeriksakan ke dokter, perempuan akan dimonitor dengan ultrasonografi (USG).

Baca juga: Mengenal Hipopituarisme dari Kasus Perempuan Perawan yang Hamil

Test pack akan menunjukkan perempuan hamil jika kandungan hormon kehamilan Human Chorionic Gonadotropin (hCG) lebih dari 50 iu/L. Akurasi tes itu adalah 99 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara dengan USG, dokter baru akan menyatakan perempuan hamil jika terlihat kantong kehamilan. Kantong itu sendiri baru terbentuk setelah empat minggu terjadi pembuahan.

“Ini biasanya muncul 20 hari setelah proses pembuahan. Akan tampak seusai 8 hari perempuan telat datang bulan,” ujar Benny.

Jika menemukan perbedaan, Benny menyarankan perempuan untuk menjalani USG ulang dua minggu kemudian agar mendapatkan kejelasan terkait kehamilan.

Benny menambahkan, seseorang disebut hamil ketika telah menunjukkan tanda subyektif dan obyektif. Tanda subyektif sering kali mengecoh sehingga seseorang dianggap hamil.

“Misal perempuan tidak menstruasi, mual muntah, tubuh mudah lelah, dan sering berkemih, langsung dianggap tengah hamil. Padahal, ini bukan tanda pasti. Ada orang yang tidak menampakkan tanda tersebut. Mual muntah dan tanda lainnya ini juga bisa jadi gangguan pencernaan,” ujarnya.

Baca juga: Haid Tak Menentu, Bisakah Tetap Hamil?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.