Kompas.com - 14/02/2018, 12:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda patut waspada terkena batu ginjal jika mengalami nyeri pinggang di bagian kiri. Tanda adanya batu ginjal dalam saluran ureter umumnya berupa nyeri pinggang tersebut.

"Ketika Anda merasakan sakit  dari daerah bawah iga terakhir sampai dengan atas tulang panggul. Mulai dari belakang sampai ke depan, itu nyeri pinggang karena ada batu ginjal,” kata Hery Tiera, dokter spesialis urologi dalam diskusi media yang  diselenggarakan Rumah Sakit Pondok Indah Grup, di Jakarta pada Selasa (13/2/2018).

Hery mengatakan, tidak semua nyeri pinggang merupakan tanda batu ginjal. Tanda batu ginjal biasanya berupa nyeri pinggang yang diikuti mual, muntah, demam, urin merah, urin keruh, nyeri saat buang air kecil, lemas, penurunan berat badan, dan gangguan saat kencing ketika ada endapan kristal batu dalam saluran ureter.

Saat seseorang mengalami batui ginjal, saraf otonom di pencernaan menerima rangsangan rasa sakit akibat batu yang menyumbat saluran ureter. Saluran pencernaan teriritasi hingga meningkatkan asam lambung, lalu tubuh merespon lewat muntah. 

Demam dan mual juga gejala adanya infeksi pada tubuh, termasuk ginjal. Sedangkan urin berubah merah karena adanya luka dan darah sebagai akibat yang ditimbulkan dari ureter yang teriritasi. Batu ginjal yang bergerak ke saluran kemih yang membuat iritasi.

"Berbeda dengan nyeri pinggang lain, nyeri pinggang pada batu ginjal umumnya bertahan lama. Tidak hilang apapun posisi kita,” kata Hery.

Hery menyebut, meski seseorang telah berubah posisi dari berdiri, menungging, duduk, dan gerakan lainnya, nyeri pinggang terus berlangsung secara konstan.

Baca juga : Bisakah Batu Ginjal Berujung pada Gagal Ginjal?

Jika sudah menampakkan gejala demikian, disarankan untuk lekas memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan mengecek darah dan urin dari individu tersebut, apakah benar terserang batu ginjal.

Bagaimana batu ginjal bisa menimbulkan nyeri pinggang?

Hery menerangkan, aliran urin yang terganjal oleh batu menimbulkan pembengkakan dan regangan pada ginjal. Akibatnya, nyeri pinggang tak tertahankan akan menyerang penderita batu ginjal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.