Kompas.com - 10/02/2018, 20:04 WIB

KOMPAS.com -- Ada banyak teori mengenai punahnya dinosaurus. Versi populernya adalah akibat tubrukan asteroid yang kemudian membumihanguskan mereka.

Namun, sebuah peta penyebaran dinosaurus rupanya menunjukkan hal lain. Jalur penyebaran para dinosaurus membuktikan bahwa ekspansi dari tempat asal dinosaurus di Amerika Selatan terlalu cepat.

Penyebaran populasi yang pesat ini memang membuat dinosaurus bisa menguasai dan mendominasi bumi, tetapi lahan yang terbatas juga mendorong kepunahan mereka karena menghambat kemampuan untuk menghasilkan spesies baru.

Baca juga : Fosil Dinosaurus Sebesar Bus Ditemukan di Gurun Sahara, Ini Artinya

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Ecology and Evolution ini menghubungkan studi sebelumnya yang mengungkapkan bahwa dinosaurus mengalami penurunan jumlah 50 juta tahun sebelum hantaman asteroid.

"Bukti fosil telah menunjukkan kepada kita di mana dinosaurus berasal dan di mana mereka mati. Tapi ada periode tengah penting yang tidak banyak diketahui," kata Ciara O'Donovan, pakar biologi evolusi University of Reading dikutip dari Phys.org, Selasa (6/2/2018).

Dia melanjutkan, penelitian kami mengisi kesenjangan tersebut dengan mengungkapkan bagaimana dinosaurus menyebar, seberapa cepat mereka bergerak, dan jalur mana saja yang mereka lewati sepanjang waktu.

Bukti fosil menunjukkan bahwa dinosaurus berasal dari periode Trias Akhir (sekitar 230 juta tahun yang lalu) di Amerika Selatan. Area ini merupakan bagian dari Pangea, daratan super luas yang merupakan cikal bakal benua saat ini.

Populasi dinosaurus kemudian meledak dan bergerak ke seluruh penjuru dunia. Pada saat itulah beragam bentuk evolusi menciptakan spesies baru, seperti Tyrannosaurus rex dan Archaeopteryx (burung paling awal).

Akan tetapi, masa-masa ini tak berlangsung lama. Dengan cepat dinosaurus memenuhi semua tempat di Bumi. "Tak ada tempat bagi spesies untuk bergerak atau menempati tempat baru, yang mungkin telah menghambat munculnya spesies baru," jelas O'Donovan.