Kompas.com - 08/02/2018, 21:22 WIB


KOMPAS.com - Efek kopi terhadap kesehatan yang selama ini menjadi perdebatan telah menemukan titik terang.

Giuseppe Grosso, selaku pakar epidemiologi nutrisi dari University of Catania, Italia dan timnya membuat kesimpulan bahwa kopi aman bagi kesehatan.

Dalam pemberitaan Kompas.com sebelumnya, Grosso juga berkata kopi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kafein yang terakumulasi dapat mengakibatkan keguguran.

Walau kopi sudah dipastikan aman untuk kesehatan mulai dari mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, kita juga wajib memerhatikan batasan minum kopi untuk tubuh.

Baca juga : Tidak Usah Didebatkan Lagi, Kopi Diputuskan Baik untuk Kesehatan Anda

Seperti yang kita tahu, zat aktif pada kopi adalah kafein. Kafein ini memiliki sifat seperti psikotropik namun cara kerjanya tidak sama dengan zat adiktif berbahaya.

Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menerangkan bahwa mengonsumsi kopi ada batasannya jika kopi dapat bermanfaat bagi tubuh.

"Kafein dengan dosis kurang dari 400 miligram atau setara dengan 1 sampai 2 cangkir kopi, maka kafein akan bersifat sebagai stimulan positif," kata Rita kepada Kompas.com, Kamis (8/2/2018).

Stimulan positif yang dimaksudnya adalah kafein dapat menstimulasi syaraf pusat dengan meningkatkan neurotransmiter otak yaitu dopamin dan norepinefrin yang memberikan rasa segar, meningkatkan konsentrasi, dan menghilangkan rasa kantuk.

Ia menambahkan, beberapa penelitian telah menjelaskan kafein dengan dosis kurang dari 400 miligram per hari dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer, parkinson, juga pada pasien kardiovaskuler dapat menurunkan risiko kematian.

"Itu karena efek kafein sebagai pengencer darah," imbuh Rita yang juga seorang ahli gizi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.