Kompas.com - 08/02/2018, 17:06 WIB

KOMPAS.com --  Tanaman seringkali dianggap remeh karena tidak bisa mengeluarkan bunyi dan berjalan seperti layaknya hewan dan manusia. Namun, beberapa penelitian telah membuktikan kecerdasan tanaman dalam mengingat kondisi di sekitarnya, merespons arah matahari, dan berkomunikasi satu sama lain jika ada ancaman predator.

Terbaru, studi yang dipublikasikan dalam Annals of Botany menemukan bahwa tanaman bisa kehilangan kesadaran bila dibius, termasuk oleh anestesi yang kita gunakan saat operasi.

Para peneliti mengetahui hal ini setelah menguji efek eter dietil dan likodaine terhadap putri malu, kacang polong, sundew dan Venus flytrap.

Dalam waktu satu jam, ketiganya berhenti merespons. Ketika disentuh, Venus flytrap tidak lagi menutup dan daun-daun putri malu tidak melengkung.  Sundew pun tidak bereaksi ketika dihinggapi mangsa, dan sulur kacang polong berhenti bergerak dan mengerut.

Bahkan pada tingkat sel pun, aktivitas Venus flytrap terhenti, seperti yang terjadi pada manusia di bawah pengaruh obat bius.

Baca juga : Dahsyatnya Tanaman, Bikin Ulat Kanibal agar Tidak Dimakan

Mereka baru merespons setelah efek anestesi menghilang, seakan-akan ada yang kembali menekan tombol untuk bergerak.

Apa yang terjadi?                                                                                                 

Rupanya di bawah anestesi, karakteristik fisik dari membran sel berubah menjadi lebih fleksibel. Jika ada tekanan, sel kembali seperti semula dan pengaruh obat bius menghilang.

Nah, perubahan ini membuat beberapa sel akar tanaman kesulitan mendaur ulang materi seluler dan memindahkannya keluar masuk sel.

Padahal, membran memiliki peran penting dalam mengirimkan perintah dari satu sel ke sel lainnya, perintah yang kemudian dieksekusi menjadi gerakan.

Baca juga : Tanaman Juga Bisa ?Mendengar?, Ini Buktinya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.