Cara Baru Ini Mungkin Bisa Melacak Kehidupan di Planet Asing

Kompas.com - 26/01/2018, 19:32 WIB
Alien DiscoveryAlien
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com — Sebuah makalah di Science Advances membahas cara baru untuk mendeteksi kehidupan lain di luar Bumi, yaitu dengan meneliti keseimbangan kandungan gas di lapisan atmosfer planet

Belajar dari kandungan gas di lapisan atmosfer di Bumi serta kehidupan luar angkasa tanpa ada oksigen, peneliti berpendapat jika ada planet yang kandungan gasnya tidak seimbang, maka di planet tersebut ada indikasi memiliki kehidupan.

Sebaliknya, jika kandungan gas di sebuah planet cenderung seimbang dan stabil, serta jenis gasnya dapat dikenali, planet tersebut kemungkinan besar mati.

Baca Juga: Asteroid Alien Oumuamua Ternyata Lebih Unik dari Perkiraan Sebelumnya

"Gagasan untuk mencari kandungan oksigen di atmosfer sebagai tanda-tanda kehidupan sudah ada sejak lama. Pasalnya, tidak akan ada oksigen tanpa kehidupan," kata Krissansen-Totton, peneliti dari Universitas Washington.

"Tetapi, kita tidak ingin terlalu cepat berspekulasi. Meski ada banyak kehidupan di alam semesta kita, kita tidak bisa menjelaskan apakah kehidupan itu membuat oksigen. Pembentukan oksigen itu sangat kompleks dan bisa jadi sangat langka," katanya, dikutip dari Nypost, Kamis (25/1/2018).

Penelitian untuk memastikan sebuah planet layak dihuni itu cukup rumit. Tim peneliti berharap cara baru bisa lebih efektif untuk mendeteksi kehidupan di luar Bumi yang berjarak jutaan mil.

Sementara itu, para astronom sedang menduga adanya kehidupan di balik lapisan es beku di permukaan bulan Saturnus, Enceladus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber nypost.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X