Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Baru Ini Mungkin Bisa Melacak Kehidupan di Planet Asing

Kompas.com - 26/01/2018, 19:32 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com — Sebuah makalah di Science Advances membahas cara baru untuk mendeteksi kehidupan lain di luar Bumi, yaitu dengan meneliti keseimbangan kandungan gas di lapisan atmosfer planet

Belajar dari kandungan gas di lapisan atmosfer di Bumi serta kehidupan luar angkasa tanpa ada oksigen, peneliti berpendapat jika ada planet yang kandungan gasnya tidak seimbang, maka di planet tersebut ada indikasi memiliki kehidupan.

Sebaliknya, jika kandungan gas di sebuah planet cenderung seimbang dan stabil, serta jenis gasnya dapat dikenali, planet tersebut kemungkinan besar mati.

Baca Juga: Asteroid Alien Oumuamua Ternyata Lebih Unik dari Perkiraan Sebelumnya

"Gagasan untuk mencari kandungan oksigen di atmosfer sebagai tanda-tanda kehidupan sudah ada sejak lama. Pasalnya, tidak akan ada oksigen tanpa kehidupan," kata Krissansen-Totton, peneliti dari Universitas Washington.

"Tetapi, kita tidak ingin terlalu cepat berspekulasi. Meski ada banyak kehidupan di alam semesta kita, kita tidak bisa menjelaskan apakah kehidupan itu membuat oksigen. Pembentukan oksigen itu sangat kompleks dan bisa jadi sangat langka," katanya, dikutip dari Nypost, Kamis (25/1/2018).

Penelitian untuk memastikan sebuah planet layak dihuni itu cukup rumit. Tim peneliti berharap cara baru bisa lebih efektif untuk mendeteksi kehidupan di luar Bumi yang berjarak jutaan mil.

Sementara itu, para astronom sedang menduga adanya kehidupan di balik lapisan es beku di permukaan bulan Saturnus, Enceladus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com