Kompas.com - 18/01/2018, 20:24 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com — Masih ingat kasus pria yang menahan bersin beberapa waktu lalu?

Menambah panjang daftar hal kecil yang bisa membuat cedera, kini dilaporkan seorang wanita mematahkan tulang rusuknya setelah batuk dengan sangat keras. Hal ini diungkapkan dalam sebuah laporan yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine pada 17 Januari 2018 lalu.

Awalnya, wanita asal Massachusetts tersebut pergi ke dokter setelah menderita batuk kering selama dua minggu. Anehnya, batuk ini disertai rasa sakit parah di sisi kanan tubuhnya.

Dokter mendiagnosisnya mengalami infeksi pernapasan akibat virus (yang bisa jadi adalah pilek atau flu, contohnya). Namun, gejala yang dialaminya itu tak menunjukkan tanda-tanda perubahan setelah lima hari.

Baca juga: Pria 34 Tahun Dilarikan ke RS karena Menahan Bersin, Kok Bisa?

Dilansir dari Live Science, Rabu (17/01/2018), dokter pribadinya kemudian melihat bahwa wanita 66 tahun tersebut mengalami memar besar di sisi kanan tubuhnya, tepatnya di antara tulang rusuk dan pinggulnya. Di tambah lagi, dia mengeluhkan rasa sakit di dada saat dokter menyentuhnya.

Tulang rusuk wanita ini patah akibat batuk terlalu keras Tulang rusuk wanita ini patah akibat batuk terlalu keras

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokter tersebut kemudan menyarankannya untuk melakukan CT Scan.

Hasilnya menunjukkan bahwa pada dada dan perut wanita tersebut terdapat "pergeseran tulang" pada tulang rusuk ke sembilan di sisi kanan, tulis laporan tersebut.

Menurut Perpustakaan Medis Nasional AS, pergeseran tulang berarti tulang telah patah dan dua ujungnya yang patah telah terpisah.

Selanjutnya, dokter memeriksa usapan dari lendir di hidung dan tenggorokannya. Dari hal itu, dokter menemukan bahwa wanita ini menderita batuk rejan.

Batuk rejan merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan Bordetella pertussis. Gejala awalnya bisa menyerupai pilek, seperti hidung meler dan demam ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.