Kompas.com - 17/01/2018, 18:44 WIB
Wilayah West Alley, tempat ditemukannya makam istri Raja Tut AlamyWilayah West Alley, tempat ditemukannya makam istri Raja Tut
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Sebelum mangkat, Raja Tutankhamun diketahui memiliki seorang istri bernama Ankhesenamun.

Namun tidak seperti sang firaun yang dikenal sebagai ikon populer peradaban Mesir kuno, sang istri nyaris tak terdengar gaungnya dalam sejarah Mesir.

Kisah hidupnya misterius dan menyisakan berbagai tanda tanya. Tak banyak artefak atau catatan lain yang menceritakan kisah hidup Ankhesenamun.

Kini sebuah kabar menggembirakan datang setelah tim arkeolog memperkirakan telah menemukan keberadaan istri firaun tersebut.

Baca Juga: Patung Berumur 4.300 Tahun Menyingkap Misteri tentang Firaun Mesir

Zahi Hawass, arkeolog yang akan memimpin eskavasi makam Ankhesenamun mengumumkan pada Selasa (16/1/2018) bahwa akan segera melakukan penggalian makam tersebut.

Penggalian dimulai di daerah Valley of the Kings atau Lembah para raja. Titik yang dituju adalah Lembah Barat atau Lembah Monyet yang lokasinya dekat dengan makam firaun Ay, penerus Raja Tut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada penggalian sebelumnya, peneliti mengidentifikasi sesuatu yang menarik di dekat makam Ay itu. Mereka menemukan timbunan pondasi serta citra radar yang terlihat seperti pintu masuk sebuah makam yang terletak di kedalaman 5 meter.

Saat itu Hawass meyakini jika sesuatu yang berada dibawah pondasi itu merupakan sebuah makan.

"Kami yakin ada makam di sana, tapi kita tidak tahu pasti siapa pemiliknya," katanya kala itu.

Sampai penggalian dilakuan, para arkeolog tidak bisa memastikan siapa yang ada di dalam makam. Namun ia memprediksi jika kemungkinan makam itu adalah Ankhesenamun. Sebab firaun Ay diketahui menikahi Ankhesenamun tak lama setelah kematian Raja Tut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X