Kompas.com - 06/01/2018, 21:12 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Sebuah kolaborasi komputasional telah berhasil menemukan bilangan prima terbesar yang kita ketahui. Panjangnya bahkan mencapai 23 juta digit, satu juta digit lebih panjang dari rekor sebelumnya.

Penemuan angka terbesar yang hanya dapat dibagi dengan dirinya sendiri dan satu ini sangat menghebohkan dunia matematika. Sebab, bilangan prima semakin sulit dicari dan membutuhkan kolaborasi program komputer yang rumit.

Diberi nama M77232917, bilangan prima tersebut ditemukan oleh komputer milik Jonathan Pace, seorang insinyur listrik yang telah mencari bilangan prima besar selama 14 tahun setelah bergabung dalam proyek pencari bilangan prima Mersenne besar yang bernama Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS).

Temuan ini pun menjadi bilangan prima Mersenne ke-50 yang ditemukan dalam sejarah dan ke-16 yang ditemukan oleh GIMPS.

Baca juga : Berusia 3.700 Tahun, Inilah Tabel Trigonometri Paling Tua dan Akurat

Bilangan prima Mersenne menjadi fokus para pencinta matematika karena dianggap sebagai cara paling mudah untuk mengetahui apakah sebuah bilangan prima atau tidak.

Ia ditemukan dengan melipat gandakan angka dua dan mengurangi satu. Temuan ini sendiri terjadi setelah komputer Pace tidak berhenti berhitung selama enam hari dan melipat gandakan 77.232.917 dua. M77232917 kemudian lulus verifikasi oleh empat komputer.

Dikarenakan prosesnya yang memakan waktu lama tersebut, penemuan bilangan prima Mersenne membutuhkan ribuan relawan untuk menyeleksi jutaan kandidat bilangan non-prima.

Dikutip oleh The Guardian, ahli matematika Professor Chris Caldwell dari Universitas Tennessee yang berfokus pada bilangan prima Mersenne terkejut rekor baru ditemukan dalam dua tahun setelah rekor sebelumnya yang juga ditemukan oleh GIMPS.

“Kami mengira (penemuan) ini akan membutuhkan waktu lebih lama,” ujarnya.

Ke depannya, akan ada angka-bilangan prima Mersenne baru yang ditemukan, tetapi mereka bisa lebih kecil atau lebih besar dari rekor yang ada sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.