Kompas.com - 24/12/2017, 14:04 WIB
Seekor tukik yang dilepasliarkan di Pantai Sukmade Banyuwangi KOMPAS.COM/Ira RachmawatiSeekor tukik yang dilepasliarkan di Pantai Sukmade Banyuwangi

KOMPAS.com –- Dalam waktu 24 setelah telurnya pecah, tukik, anak penyu, menggunakan cahaya laut yang minim untuk memandunya ke pantai. Namun, polusi cahaya saat malam justru membuat tukik bingung dan menghabiskan banyak waktu di darat.

Sialnya, hal ini tak berlangsung dalam hitungan menit. Para tukik yang kebingunan berputar-putar di daratan hingga berjam-jam, dan risiko ancaman yang datang dari predator dan dehidrasi pun menjadi lebih besar.

Berlandaskan fenomena itu, ahli biologi dari Florida Atlantic University, Karen Pankaew dan Sarah Milton, membuat penelitian untuk mengungkap seberapa lelah tukik untuk berenang setelah berputar-putar di daratan.

Hasil penelitian keduanya menjadi penting mengingat kondisi populasi penyu yang mengkhawatrikan. Dari tujuh spesies penyu yang berenang di lautan kita, semuanya menghadapi ancaman potensial, dan dua diantaranya masuk dalam ketegori terancam punah.