Pakai Rumus Matematika Kompleks, Peneliti Ungkap Struktur Otak

Kompas.com - 22/12/2017, 17:34 WIB
otak biru otak biruotak biru
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Otak manusia merupakan salah satu organ yang sering diteliti para ilmuwan. Misteri dan struktur organ yang rumit membuat peneliti semakin tertantang untuk mengungkapnya.

Baru-baru ini, sekelompok ahli mengungkapkan penemuan terbaru mereka yang menjelaskan tentang struktur otak secara lebih detail dan bagaimana organ otak bekerja.

Dikutip dari WIRED, Senin (12/6/2017), peneliti Blue Brain Project menggunakan komputer canggih dan rumus matematika rumit untuk mengungkap cara kerja dan bentuk otak sesungguhnya.

Ahli saraf Henry Markram dari EPFL di Lausanne, Swiss, yang juga direktur Blue Brain mengaku terkejut dengan penemuannya.

"Kami menemukan dunia yang tidak pernah kami bayangkan. Ada puluhan juta benda ini bahkan di setitik kecil otak, sampai tujuh dimensi. Di beberapa jaringan, kami bahkan menemukan struktur dengan sebelas dimensi," katanya.