Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Orang Bisa Mengalami Radang Usus Buntu, Termasuk John Mayer

Kompas.com - 06/12/2017, 20:06 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Selasa pagi kemarin (5/12/2017), John Mayer menjalani operasi usus buntu menyusul kondisinya yang memburuk.

Konsernya di New Orleans pun ditunda mengingat kondisi kesehatan penyanyi yang baru merilis single Still Feel Like Your Man itu tidak memungkinkan untuk menggelar konser. Hal ini pertama kali disampaikan oleh pihak Dead & Company dalam akun twitter mereka.

Menurut perpustakaan nasional AS (NLM), usus buntu merupakan organ yang menempel pada usus besar. Organ ini memang tidak memiliki fungsi, tetapi ia dapat menghambat dan menyebabkan peradangan atau pembengkakan yang disebut radang usus buntu.

Baca Juga: Benarkah Makanan Bisa Memicu Usus Buntu?

Jika orang dengan radang usus buntu tidak mendapat perawatan, usus buntunya bisa pecah dan mengakibatkan infeksi yang menyebar ke seluruh perut. Kondisi ini akan berbahaya dan dalam dunia kesehatand disebut sebagai peritonitis.

Gejala radang usus buntu meliputi nyeri mendadak di sisi kanan perut bagian bawah. Rasa sakitnya akan semakin menjadi-jadi jika Anda sedang batuk atau berjalan. Selain itu, penderita juga akan merasa mual dan muntah, kehilangan selera makan, dan demam ringan yang memburuk saat penyakit berlanjut.

Seperti dikutip dari Live Science, Selasa (5/12/2017), apendisitis atau radang usus buntu hanya dapat dihilangkan dengan melakukan pembedahan.

Baca Juga: 9 Fakta Seputar Usus Buntu

Menurut Johns Hopkins Medicine, kondisi ini dianggap sebagai darurat medis. Artinya, harus dilakukan penanganan segera untuk mengeluarkan organ sebelum bertambah parah dan menginfeksi organ lainnya.

Radang usus buntu tidak mengenal usia. Namun, kondisi ini paling banyak terjadi pada usia 10 sampai 30 tahun. Di Amerika Serikat sendiri, tercatat ada lebih dari 250.000 kasus radang usus buntu yang terjadi setiap tahunnya.

Selain itu, pria disebut lebih sering mengalami usus buntu dibanding wanita. Pada pria, radang usus buntu bisa terjadi 1,4 kali lebih sering daripada wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com