Kompas.com - 29/11/2017, 21:35 WIB
Parit yang ditemukan di Ebbsfleet UNIVERSITY OF LECEISTER Parit yang ditemukan di Ebbsfleet
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Sejarah invasi pasukan Romawi di muka bumi ini sudah diakui banyak bangsa. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa Julius Ceaser dan pasukannya pernah merambah tanah Inggris Raya.

Sejarah mencatat bahwa 800 kapal pasukan Romawi pernah mendarat di Inggris sekitar abad 55 SM. Invasi pertama yang dipimpin langsung Julius Cesar, Cicero dan Tacits tersebut sempat dipertanyakan di kalangan ilmuwan karena belum menemukan bukti otentik peninggalan perang atau sisa-sisa barak prajurit.

Namun, kini para ilmuwan di Inggris bisa menaruh harapan baru atas pencarian jejak Sang Kaisar Julius Cesar di Inggris.

Dikutip dari Telegraph, Selasa (29/11/2017) sebuah situs mirip pertahanan prajurit Romawi ditemukan di tengah pembangunan proyek jalan di Kent.

Sejumlah arkeolog dari Universitas di Leicester dan Pemerintah Daerah Kent segera mendatangi Dusun Ebbsfllet dimana lokasi penemuan berada.

Temuan di wilayah Isle of Thanet tersebut berupa parit yang desainnya mirip pertahanan Romawi di Alésia, Prancis, lokasi pertempuran dalam Perang Galia pada abad 52 SM. Selain itu, arkeolog juga menemukan senjata tajam berupa tombak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mosaik Romawi Langka Bergambar Balapan Kuda Ditemukan

Hal lain yang ditemukan arkeolog di lokasi tersebut adalah topografinya. Teluk Pegwell adalah satu-satunya teluk di sekitar lokasi yang mampu menampung armada kapal yang begitu besar, ciri dari kapal perang pasukan Romawi. Lokasi seperti itu merupakan favorit dari Julius Cesar yang dikenal sebagai ahli strategi perang. 

"Caesar menggambarkan bagaimana kapal-kapal itu berlabuh di sebuah pantai terbuka dan rusak karena diterjang badai besar. Deskripsi ini konsisten dengan Teluk Pegwell yang terbuka dan rata, dan kini merupakan teluk terbesar di pantai timur Kota Kent," kata Dr Andrew Fitzpatrick, seorang peneliti dari University of Leicester.

NIVERSITY OF LEICESTER Ujung tombak yang ditemukan di parit

Saking besarnya, Fitzpatrick tidak meragukan bila teluk tersebut mampu menampung 800 kapal berisi tentara Romawi yang mendarat dalam satu hari.

Halaman:


Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.