Kompas.com - 22/11/2017, 21:00 WIB
Fosil sapi laut Komandorsky Nature ReserveFosil sapi laut
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan menemukan fosil ketika berjalan-jalan ke pantai?

Hal tersebut dialami oleh Maria Shitova, seorang inspektur cagar alam Rusia, saat ia melihat sesuatu yang mirip dengan tiang putih menonjol ke luar dari pasir pantai di Rusia.

Ternyata apa yang terlihat mirip tiang putih oleh Shitova tersebut adalah sebuah fosil makhluk laut purba. Namun alih-alih melaporkannya pada dinas perencanaan kota, ia dan tim penelitinya menggali kerangka sapi laut raksasa tersebut berjam-jam kemudian.

Tim tersebut harus menggali kurang dari satu meter di Commander Islands, Rusia. Tepatnya, lokasi penemuan tersebut berada dalam wilayah cagar alam Komandorsky Rusia.

Baca Juga: Fosil Nenek Moyang Luruskan Asal-usul Jerapah yang Membingungkan

Fosil tersebut merupakan sisa "monster" laut yang memiliki panjang lebih dari 5 meter. Bobot fosil itu 10 ton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fosil tersebut tidak memiliki tengkorak dan beberapa tulang. Hanya 45 tulang belakang, 27 tulang rusuk, dan sebuah tulang belikat kiri yang ditemukan.

Penjaga cagar alam tersebut mengatakan, kerangka yang ditemukan Shitova dan timnya itu terawat dengan baik dan rencananya akan dipamerkan di pusat pengunjung.

"Ini adalah satu-satunya (fosil) sapi laut yang pernah kami temukan utuh di sana," kata Lorelei Crerar, profesor dari George Manson University yang menerbitkan makalah tentang sapi laut pada 2014 dikutip dari National Geographic, Selasa (21/11/2017).

"Semua yang kami dapatkan hanyalah catatan dari hewan ini, itu saja," sambungnya.

Pada 1987, spesimen yang sama ditemukan dengan panjang 3 meter di Pulau Bering. Tahun lalu, The Guardian juga melaporkan bahwa museum sejarah alam Finlandia juga memiliki salah satu kerangka sapi laut terlengkap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.