Ada Sejak 3,7 Miliar Tahun Lalu, Inilah Moyang Segala Makhluk Bumi

Kompas.com - 15/11/2017, 12:09 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com — Tim penelti telah menemukan stromatolit langka yang hidup di area situs warisan dunia Tasmania.

Temuan ini menjadi penting bagi dunia sains karena akan membantu mengungkap banyak hal soal planet bumi.

Stromatolit adalah bentuk tertua kehidupan di Bumi. Mereka hidup di Bumi sejak 3,7 miliar tahun yang lalu. Sebelumnya, peneliti hanya menemukan stromatolit berbentuk fosil.

Stromatolit sendiri merupakan mikroorganisme dengan struktur berlapis. Lapisan tersebut terbentuk dari mineral-mineral yang terdapat di dalam air tempat mereka tinggal. Alasan inilah yang membuat stromatolit menjadi media yang baik untuk mempelajari sejarah Bumi. Bentuk stromatolit bermacam-macam, tetapi biasanya menyerupai batu.

Peneliti dari Departemen of Primary Industries, Parks, Water & Environment (DPIPWE) dan Universitas Tasmania membuat penemuan ini selama melakukan survei lahan gambut di area situs warisan dunia Tasmania.

Dr Bernadette Proemse, pakar geokimia dari Universitas Tasmania mengatakan, ini adalah penemuan yang menarik karena selama ini belum pernah ditemukan stromatolit dalam kondisi hidup. Sebelumnya peneliti hanya menemukan stromatolit berbentuk fosil.