Kompas.com - 13/11/2017, 19:28 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Kabar mengejutkan di dapat dari ujung utara pulau Sumatra, yaitu provinsi Aceh. Pada Senin (13/11/2017) ditemukan 10 sperm whale alias paus sperma terdampar di pantai Ujong Kareung, Aceh Besar.

Kabar ini pertama kali mengemuka lewat kicauan akun twitter resmi dari lembaga konservasi lingkungan independen, World Wide Fund (WWF) Indonesia. Melalui akun @wwf.id ditulis: "Sekelompok sperm whale terdampar di Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar. Butuh penanganan cepat oleh tim ahli. Kontak @stranding_ID untuk update informasinya."

"Sedikitnya dua paus terluka tapi relawan telah memutuskan untuk menunggu air pasang untuk mengangkut hewan-hewan tersebut kembali ke laut menggunakan tali," kata Sapto Aji Prabowo dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam di provinsi Aceh dikutip dari Channel News Asia, Senin (13/11/2017).

Baca juga : Sekelompok Paus Ditemukan Berdiri di Lautan, Apa yang Terjadi?

"Yang terbaik adalah menunggu sampai air pasang, tapi kami khawatir mereka akan mati," lanjut Sapto.

Paus sperma dewasa merupakan salah satu mamalia terbesar di bumi. Ia bisa tumbuh hingga 12 meter dengan berat mencapai 57 ton.

Meski tidak biasa, paus terlihat beberapa kali terdampar di beberapa pantai Indonesia. Pada 2016, 29 paus pilot juga terperangkap sebentar di rawa bakau lepas pantai timur pulau Jawa. Untungnya, mereka berhasil membebaskan diri dengan bantuan para nelayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.