Kompas.com - 02/11/2017, 07:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com sebelumnya, penyebab utama rambut rontok saat perawatan kanker adalah obat-obat sitotastik.

Sebagai bagian dari kemoterapi untuk pasien kanker, obat-obatan ini berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Caranya, dengan membasmi sel-sel yang melakukan pembelahan atau mencegah pertumbuhan sel kanker dengan cepat. Sayangnya, obat-obatan ini juga menyerang sel-sel lainnya yang tidak berbahaya, termasuk sel di folikel atau kelenjar rambut kita.

Namun, sebetulnya tidak semua jenis obat untuk perawatan kanker menyebabkan kerontokan rambut.

Baca juga : Kenapa Perawatan Kanker Menyebabkan Rambut Rontok?

Berikut adalah beberapa jenis yang sering digunakan dalam kemoterapi kanker payudara dan menimbulkan efek samping tersebut:

1. Adriamycin, dengan kode A atau dalam kemoterapi disebut CAF (Cytoxan, Adriamycin and Fluorouracil). Obat ini memiliki efek samping kebotakan pada kepala, alis dan bulu mata.

2. Methotrexate, dengan kode M atau dalam kemoterapi disebut CAM (Complementary and Alternative Medicine). Obat ini memiliki efek samping penipisan rambut tetapi tidak seluruh pasien mengalaminya. Jarang sekali pasien yang melalui metode pengobatan ini mengalami kebotakan.

3. Cytoxan dan 5-fluorouraci memiliki efek samping penipisan rambut hingga kerontokan rambut dalam jumlah banyak.

4. Taxol memiliki efek samping kebotakan di seluruh bagian tubuh yang berambut, termasuk kepala, alis, bulu mata, tangan, dan kaki, serta bulu kemaluan.

Baca juga: Ini Alasan Pasien Kanker Payudara Baru ke Dokter di Stadium Lanjut

Selain menyebabkan kerontokan, obat-obatan di atas juga bisa menyerang sel darah di dalam tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.