Apa yang Akan Dilakukan oleh Charles Darwin jika Hidup Saat Ini?

Kompas.com - 30/10/2017, 20:11 WIB
Charles Darwin Julia Margaret Cameron/Wikimedia CommonsCharles Darwin
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com- Siapa yang tidak mengenal Charles Darwin?

Tahun 1859, ahli biologi yang dilahirkan dengan nama Charles Robert Darwin di Inggris itu menerbitkan "The Origin of Species", menguraikan asal-usul dan perkembangan makhluk hidup, atau yang lebih dikenal dengan evolusi.

Kini, pengetahuan evolusi telah berkembang pesat. Sejumlah fosil yang membuat evolusi makin terang ditemukan.

Michael Novacek, ahli purbakala di Departemen Paleontologi dan Museum Nasional Sejarah di Amerika, melontarkan pertanyaan bagiamana jika Charles Darwin hidup kembali dan melihat pekembangan pengetahuan saat ini?

"Saya yakin dirinya akan senang karena melihat adanya bukti adanya proses evolusi dan transformasi dari satu organisme ke lainnya," katanya.

Sementara itu, Chris Bread, ahli purbakala di Museum Sejarah Nasional Carniege di Universitas Pittsburgh, mengatakan, Darwin mungkin akan takjub melihat perkembangan pemahaman evolusi. Mengapa?