Kompas.com - 28/10/2017, 17:07 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat melihat gambar pizza, donat, es krim, atau burger? Coba bandingkan dengan ketika Anda disuguhi gambar wortel, sawi, seledri, atau brokoli.

Apakah gambar junk food terlihat lebih menarik daripada makanan sehat? Bila ya, kemungkinan besar Anda sedang lapar.

Baca juga: Ingin Berhenti Makan ?Junk Food?? Anda Harus Tidur

Sebuah penelitian terbaru dari Johns Hopkins University yang dipublikasikan secara online di Jurnal Psychonomic Bulletin and Review  menggarisbawahi bias implisit orang terhadap makanan berlemak tinggi gula dan menegaskan bahwa pepatah lama "jangan berbelanja saat perut lapar" benar adanya.

"Kami ingin melihat, apakah gambar makanan, terutama yang berlemak atau berkalori tinggi, akan menjadi gangguan bagi orang yang terlibat dalam tugas yang rumit," kata Howard Egeth, seorang profesor di departemen ilmu psikologi dan otak dikutip dari Science Daily, Kamis (26/10/2017).

"Jadi kami menunjukkan wortel dan apel kepada mereka, dan itu memperlambat mereka. Kami menunjukkan sepeda dan paku payung, hal itu juga memperlambat mereka. Namun, saat kami menunjukkan kue cokelat dan hot dog, perlambatannya sampai dua kali lipat," kata Egeth yang juga salah satu penulis dalam penelitian ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Egeth dan Corbin A Cunningham, peneliti utama penelitian ini, menciptakan tugas komputer yang rumit dan tidak relevan dengan makanan.

Mereka meminta sekelompok peserta untuk menemukan jawabannya secepat mungkin. Ketika peserta sedang bekerja dengan tekun, para peneliti menampilkan gambar makanan di pinggiran layar.

Baca juga: Hati-hati, Satu Kali Makan Junk Food Tingkatkan Risiko Diabetes!

Gambar tersebut melintas sangat cepat, sekitar 125 milidetik, sehingga orang sulit menyadari gambar apa yang melintas.

Namun, ternyata semua gambar tersebut mengalihkan perhatian peserta, meskipun Cunnigham dan Egeth mencatat bahwa gambar junk food dua kali lebih mengganggu daripada gambar lainnya.

Selanjutnya, para peneliti melakukan kembali eksperimen serupa, tetapi pada sekelompok peserta baru yang telah memakan dua buah permen cokelat sebelum mengerjakan tugasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.