Penjelasan Sains di Balik Ejakulasi Perempuan

Kompas.com - 26/10/2017, 21:53 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Sejak awal abad ke-4 di China, banyak cendekiawan yang mempertanyakan bagaimana perempuan mampu ejakulasi.

Seperti yang dilansir dari laman Independent, Kamis (16/10/2017), yang ditulis oleh kandidat doktor di Universitas Queensland James Sherlock, sekitar 10 sampai 40 persen perempuan mengeluarkan cairan involunter (spontan yang tidak dikendalikan pikiran) ketika orgasme.

Lalu, cairan ini berkisar antara 30 sampai 150 ml, meski tidak menutup kemungkinan bahwa jumlahnya bisa lebih banyak.

Jauh sebelumnya, para pemikir seperti Aristoteles dan Hippocrates juga merenungkan asal usul "sperma perempuan" dan pelepasan yang dilakukan perempuan.

Namun, penjelasan ilmiah terkait fenomena misterius ini baru muncul pada 1904 ketika psikolog Havelock Ellis mengungkapkan bahwa ejakulasi pada perempuan serupa dengan air mani dan berasal dari kelenjar Bartholin, dua kelenjar berukuran kacang yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan cairan lendir pelumas vagina.

BACA: Penasaran dengan Isi Otak Perempuan Saat Orgasme? Sains Menunjukkannya

Hampir 50 tahun kemudian, Ernest Gräfenberg menentang pendapat Ellis. Dia mengungkapkan bahwa ejakulasi perempuan tidak berhubungan dengan pelumasan.

Dia menyimpulkannya setelah mengamati perempuan yang masturbasi, dan mencatat bahwa ejakulasi lebih sering terjadi dengan palpasi zona erotis di dinding depan vagina yang dikenal dengan istilah G-spot.

Gräfenberg berpendapat bahwa ejakulasi perempuan merupakan sekresi dari kelenjar intraurethral yang terletak di bawah G-spot. Dia juga bersikeras bahwa cairan tersebut bukan urin.

Tahun 1982, seorang peneliti melakukan analisis kimia untuk mengetahui ejakulasi perempuan. Dari sini, muncul gambaran yang lebih jelas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X